Sukses

Nasdem: Partai Pendukung Ridwan Kamil Jangan Paksakan Cawagub

Menurut dia, memilih wakil itu akan berdampak dengan apa yang akan dikerjakan Emil jika menjadi gubernur nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem sebagai salah satu pendukung Ridwan Kamil untuk maju sebagai Gubernur Jawa Barat 2018, mengingatkan partai pendukung lain agar tidak ikut memaksakan nama calon wakil gubernur yang akan dipilih pria yang akrab dipanggil Emil tersebut.

Ketua Bappilu DPP Partai NasDem Effendi Choirie (Gus Choi) mengatakan, partainya sendiri tak akan ikut campur serta menyerahkan sepenuhnya kepada Emil.

"Bagi Nasdem silakan saja rebutan wakilnya. Yang penting Ridwan Kamil jadi (Gubernur Jabar) itu saja. Tapi kalau bisa, memang partai-partai lain enggak usah ngerecokin Ridwan Kamil. Kalau mau dukung, berikan kepercayaan kepada dia mencari figur yang tepat, yang bisa diajak kerja sama dan seterusnya," ucap Gus Choi di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).

Mantan kader PKB itu menuturkan, memilih wakil itu akan berdampak dengan apa yang akan dikerjakan Emil jika menjadi gubernur nanti. Selain itu, nantinya semua tanggung jawab ada di tangan gubernur.

"Iya, kaitannya itu kan dengan dia punya kerja. Dan yang bertanggung jawab itu kan tetap gubernurnya, bukan wakilnya. Wakil itu kan tahulah posisi wakilnya. Oleh karena itu, kita partai pendukung itu, saya kira memberi kepercayaanlah kepada Ridwan Kamil," tegas Gus Choi.

Dia pun menuturkan akan lebih baik jika semua partai pendukung duduk bersama untuk membicarakan masalah ini. "Itu lebih bagus," tandas Gus Choi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Dukung Jokowi

Hari ini, sejumlah pengurus DPP Partai Nasdem menyambangi kantor Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU). Dalam kesempatan tersebut, partai pimpinan Surya Paloh itu ingin mengundang Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj untuk hadir.

Adapun Nasdem akan menyelanggarakan rakernas pada 15 sampai 17 November mendatang. Nantinya acara tersebut akan diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Silahturahim ini karena PBNU pernah ke NasDem, juga sekaligus dalam rangka HUT NasDem ke-6, persis tanggal 11 bulan 11 kemarin. Dan sekaligus juga dalam rangkaian Rakernas 15,16, 17 November. Panitia mengundang Ketua Umum PBNU pada Rabu malam," ucap Gus Choi di kantor PBNU.

Di depan Said Aqil, dia mengungkapkan agenda yang akan dibahas dalam Rakernas Nasdem salah satunya memberikan dukungan kembali ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk Pilpres 2019.

"Dalam Rakernas ada agenda penting yang dilakukan, yaitu deklarasi mendukung Jokowi sebagai Presiden kembali di 2019. Kami juga akan membuat putusan-putusan terkait kerja NasDem satu tahun ke depan. Dan merespons problem aktual bangsa, dalam merespons itu, kami memerlukan masukan PBNU," jelas Gus Choi.

Sementara itu, di tempat yang sama, Said Aqil tak menyentuh soal dukungan Nasdem untuk Jokowi. Dia hanya mengingatkan bahwa mengatasi masalah bangsa memang tak bisa sendiri.

"Problem bangsa ini harus dihadapi bersama-sama. Untuk dikawal dan menjaganya. Mudah-mudahan ke depan kita tetap satu," pungkas Said.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.