Sukses

Strategi Cagub Azwar Anas Raih Suara di Lamongan

Liputan6.com, Lamongan - Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas, kembali melakukan konsolidasi politik dengan parpol pengusungnya di Lamongan. Anas mengunjungi Lamongan usai mendatangi sejumlah titik di Tuban, Bojonegoro, dan Gresik.

Di Lamongan, Anas bertemu 300 pengurus dan kader partai pengusung. Konsolidasi dimulai dengan salat isya berjemaah di Masjid Nurus Shobah, Kecamatan Glagah.

"Alhamdulillah, dengan memanfaatkan hari libur di akhir pekan, kami terus mengunjungi daerah-daerah, bertemu dan diskusi dengan banyak kalangan, mulai parpol, tokoh agama, tokoh masyarakat, komunitas anak muda, hingga para relawan lainnya," tutur Anas, Minggu 12 November 2017.

"Sekarang bisa bertemu kawan-kawan di Lamongan, pas jadwalnya memasuki waktu salat isya, jadi kita salat berjemaah dulu. Spirit berjemaah ini adalah gotong royong, kebersamaan mengembangkan daerah," kata Anas yang juga Bupati Banyuwangi itu.

Menurut Anas, Lamongan adalah daerah ke-32 yang dia kunjungi sejak dideklarasikan sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur pada 15 Oktober lalu. Anas dipasangkan dengan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), dan diusung PDI Perjuangan serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Usai salat berjemaah yang diikuti para kader laki-laki dan perempuan, konsolidasi dilakukan tak jauh dari masjid yang digunakan untuk salat. Tampak hadir Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan Reso Supranoto hingga jajarannya di tingkat kecamatan dan desa.

Anas mengatakan, konsolidasi politik saat ini terus berjalan untuk memastikan semua mesin pemenangan bekerja dengan baik. Kolaborasi gerak dilakukan mulai jaringan partai, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan berbagai elemen relawan lainnya.

"Gerak tim kita juga makin seirama. Makin kompak dan saling mengisi. Ada yang masuk ke ceruk pemilih perempuan dengan menggerakkan tokoh-tokoh perempuan dan keluarga di desa-desa, lalu ada yang ke pemilih pemula, dan sebagainya," ucap Anas.

Ia juga menekankan, antara dirinya, Gus Ipul, partai pengusung, maupun jaringan relawan, akan mengedepankan kampanye inspiratif dan kreatif, yang mampu menggerakkan orang untuk berbuat baik.

"Bukan menjelekkan orang lain, menghindari permusuhan. Pilkada ini event lima tahunan, sedangkan perkawanan kan berlangsung selamanya," Anas memungkasi.

 

1 dari 2 halaman

Safari Politik

Anas yang sudah resmi diusung PDIP dan PKB itu menambahkan, komunikasi juga dilakukan pada beberapa partai lain.

“Ya kami terus berkomunikasi dengan partai lain, insyaallah akan ada lagi yang bergabung karena kita semua sebenarnya satu visi untuk mengembangkan daerah,” ucap Anas.

Sebelumnya, calon Wakil Gubernur Jatim Abdullah Azwar Anas melanjutkan safari politiknya ke Kabupaten Gresik, Lamongan, Bojonegoro, dan Tuban atau yang disebut sebagai kawasan Pantura.

Ini merupakan safari politik lanjutan yang dilakukan Anas setelah menyambangi kawasan Mataraman (Surabaya ke arah barat), Pulau Madura, dan Tapal Kuda (wilayah Surabaya ke arah timur).

“Alhamdulillah, dari daerah ke daerah ini kami merasakan kesolidan yang luar biasa. Yang terpenting, semua menjalani proses politik dengan kegembiraan. Itu paling penting, berpolitik dalam kegembiraan,” tutur Anas.

“Dengan menjalani secara gembira, kita tidak akan terjebak pada permusuhan dan menjelekkan orang lain, tapi kita akan menjalankan festival kolaborasi program yang saling memberi masukan untuk pengembangan daerah,” kata Anas yang bersama Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) diusung PDIP dan PKB.

Di tiap-tiap daerah tersebut, Anas menggelar pertemuan tertutup dengan para kader partai pengusung. Ratusan pengurus dan kader hingga tingkat kecamatan dan desa hadir di tiap daerah.

“Kita bicarakan strategi-strategi yang fun, kreatif, inspiratif, yang mampu menggerakkan orang untuk menghasilkan manfaat bagi sekitarnya,” ucap Anas.

Di wilayah-wilayah yang dikunjungi, Anas juga selalu berkoordinasi dengan para kepala daerahnya. Anas, misalnya, menggelar pertemuan tertutup selama satu jam dengan Bupati Tuban Fathul Huda, Wabup Tuban Noor Nahar Husein, dan Ketua DPRD Tuban Miyadi.

“Semuanya kita jahit, kita perkuat seduluran ini. Alhamdulillah respons semuanya baik, luar biasa pokoknya. Apa bentuk respons baik itu, ya bisa diartikan sendiri,” ujar Anas.

Bupati berusia 44 tahun tersebut menambahkan, sejak dideklarasikan sebagai calon wakil gubernur pada 15 Oktober lalu, dia telah mengunjungi 30 kabupaten/kota se-Jatim untuk melakukan konsolidasi politik.

“Konsolidasi terus berjalan. Inisiatif-inisiatif muncul, geraknya seirama. Oke pokoknya,” ucap Anas.

Artikel Selanjutnya
PKB Tegaskan Dukung Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur
Artikel Selanjutnya
PKB Umumkan Usung Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar September Ini