Sukses

Jokowi Bertemu PM Abe Jelang KTT ASEAN di Manila

Liputan6.com, Manila - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Manila, Filipina. Pertemuan pada Minggu sore itu berlangsung menjelang Pertemuan Retreat Pemimpin Asia Timur (East Asia Summit Leaders Retreat).

"Hari ini ada dua kegiatan Presiden RI, salah satunya pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Shinzo Abe," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Manila, Filipina, Minggu (12/11/2017).

Menlu Retno menyebutkan, pertemuan bilateral antara Presiden RI dan PM Jepang kali ini merupakan pertemuan yang penting karena akan membahas rencana peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang pada 2018.

"Indonesia dan Jepang akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik. Dalam pertemuan bilateral, kedua pemimpin akan membahas tentang rencana kegiatan-kegaiatan yang akan dilakukan untuk peringatan 60 tahun hubungan tersebut," ujar Retno seperti dikutip Antara.

Selain itu, menurut Menlu RI, Presiden Jokowi dan PM Abe rencananya akan melakukan peluncuran logo 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang.

Selanjutnya, Menlu Retno menyebutkan bahwa dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua pemimpin negara akan membahas mengenai berbagai kerja sama pembangunan infrastruktur antara Indonesia dan Jepang.

"PM Abe dan Presiden Jokowi akan membahas proyek-proyek kerja sama pembangunan infrastruktur dengan Jepang yang ada di Indonesia, misalnya pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, MRT (Mass Rapid Transit), dan proyek lainnya," ungkap dia.

Setelah melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan menghadiri acara Special Gala Celebration for The 50th Anniversary of ASEAN yang diadakan di SMX Convention Center, Manila.

1 dari 2 halaman

Agenda Jokowi di Manila

Setelah menghadiri Pertemuan ke-25 Pemimpin Ekonomi APEC di Da Nang, Vietnam pada 10-11 November, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak menuju Filipina untuk menghadiri KTT ASEAN ke-31 di Manila, Minggu (12/11/2017).

Setiba di Bandar Udara Clark Pampanga, Filipina, Jokowi dan Iriana disambut dengan tarian massal yang diikuti ratusan penari.

Berdasarkan keterangan dari Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 mendarat tepat pukul 12.00 Waktu Setempat (WS) atau 11.00 WIB setelah menjalani penerbangan dari Bandara Internasional Da Nang, Viet Nam selama hampir 2 jam.

Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Republik Filipina dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina Johny J Lumintang menyambut Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di depan pintu pesawat. Di bawah tangga pesawat, Ibu Iriana menerima bunga tangan dari anak-anak Filipina.

Dari bandara, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama rombongan menuju hotel tempat menginap selama berada di Manila, Filipina dengan menggunakan mobil.

Malam nanti, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menghadiri Special Gala Celebration for The 50th Anniversary of ASEAN yang dihelat di SMX Convention Center.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: