Sukses

Takabonerate, Pulau Cantik di Sulawesi Selatan

Setiap tahunnya Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar mengadakan Festival Takabonerate untuk mengenalkan kearifan lokalnya.

Liputan6.com, Kepulauan Selayar - Tak pernah lelah menjelajah destinasi terindah di Indonesia. Salah satu pulau nan eksotis berikutnya yang dikunjungi adalah Taman Nasional Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Seperti ditayangkan Destinasi dalam Liputan6 Siang SCTV, Sabtu (11/11/2017), takabonerate diambil dari taka yang artinya 'batu atau karang' dan bone berarti 'pasir' serta rate artinya 'di atas'. Jadi, Takabonerate artinya kepulauan yang terdiri dari pulau karang. Kawasan ini dinobatkan menjadi atol, gugusan karang terbesar nomor tiga di dunia.

Untuk menuju Takabonerate cukup jauh dan melelahkan. Dari Jakarta ke Makasar butuh waktu dua jam perjalanan pesawat. Dari Makassar ke Bandara H Aroeppala di Kabupaten Kepulauan Selayar selama 45 menit.

Sedangkan untuk sampai di Taman Nasional Takabonerate, kita harus menempuh perjalanan laut selama sekitar delapan sampai sembilan jam.

Tujuan pertama bisa dimulai dari Pulau Rajuni Kiddi. Di sini, bisa melihat kearifan lokal Suku Bajo. Biar makin seru, juga bisa menikmati pulau ini dengan bersepeda.

Perlu diketahui, setiap tahunnya Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar mengadakan Festival Takabonerate untuk mengenalkan kearifan lokalnya.

Sementara itu, berkunjung ke Selayar tidak lengkap kalau tidak mencoba makanan khas di sini yaitu nasi santan dan ikan bakar segar yang ditambah sambal berbahan dasar belimbing wuluh. Rasanya luar biasa mantap.

Tak kalah menarik, di Kabupaten Kepulauan Selayar, juga bisa mengunjungi destinasi lainnya yaitu Pulau Bungin Tinabo. Lokasi ini ditempuh dengan kapal selama 45 menit dari Rajuni Kiddi. Bunging Tinabo disebut juga pasir timbul karena muncul saat pasang dan surut air laut.