Sukses


Kini Semakin Banyak Lahir Hafiz dan Hafizah Konstitusi

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW), menjelaskan bahwa kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang terus gencar dilaksanakan MPR RI sesuai dengan amanah UU No.17 tahun 2014 tentang MD3, ternyata menghasilkan dampak positif yang besar di tengah masyarakat. Berbagai elemen masyarakat, khususnya generasi muda, merasakan munculnya gairah dan semangat untuk kembali mempelajari konstitusi.

Salah satu metode sosialisasi, yakni Lomba Cerdas Cermat MPR RI tingkat SLTA Provinsi dan Nasional, ternyata banyak melahirkan para hafiz dan hafizah konstitusi atau para penghafal konstitusi.

Hal tersebut diungkapkan HNW di hadapan sekitar 300 kader Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) Kota Bekasi, di Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (10/11/217).

“Ternyata materi yang diberikan dalam LCC MPR tersebut, yakni seputar Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 sangat disukai pelajar kita. Alhamdulillah jika dalam Islam kita memiliki hafiz dan hafizah AlQuran dan hadist, dalam konteks Indonesia melalui LCC Empat Pilar MPR, bangsa ini memiliki banyak ‘hafiz dan hafizah’ konstitusi. Para pelajar SLTA dari berbagai wilayah Indonesia sangat hafal mulai dari huruf awal hingga terakhir bunyi UUD kita. Ini luar biasa,” ujar HNW.

Dalam kesempatan itu, Pimpinan Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut juga berbicara soal hubungan saling melengkapi antara Islam dan negara, antara Islam dan Pancasila. Hubungan tersebut sangat jelas dan merupakan fakta. Peran dan kiprah umat Islam serta ulama dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah salah satu yang utama.

“Umat Islam dan para ulama kita telah mewariskan kemerdekaan ini melalui peran dan kiprah mereka sehingga sudah sangat sewajarnya kita umat Islam sekarang, terutama para ulama, ustadz, dan ustadzahnya berada pada garda terdepan dalam menyelamatkan Islam dan Indonesia dari disalahpahami dan kesalahpahaman selama ini tentang Islam,” ucap HNW.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana BKMT, Ustadzah Atifah Hasan, sangat mengapresiasi kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dilaksanakan kepada berbagai elemen masyarakat di seluruh Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih diberi kesempatan menjadi peserta sosialisasi. Pemahaman seputar Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan pengetahuan kami lebih mendalam terhadap negara dan bangsa,” kata Atifah.

Acara sosialisasi sendiri berlangsung selama setengah hari dengan dihadiri Mustafa Kamal anggota MPR Fraksi PKS yang juga didaulat sebagai salah satu narasumber sosialisasi.

 

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Kini, Usia Pria Jadi Ayah Makin Tua
Artikel Selanjutnya
Jangan Lupakan Maria Walanda Maramis