Sukses

Try Sutrisno: Hari Pahlawan Momen Menguatkan Pancasila

Try Sutrisno yakin, saat manusia dan negara lain dalam keadaan gawat, justru Pancasila bisa menjadi solusi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno menyebut, Hari Pahlawan bisa menjadi momen bagi generasi muda untuk menguatkan nilai Pancasila. Sebab, Pancasila memiliki banyak manfaat.

"Generasi muda harus menghayati pengorbanan pahlawan ini. Indonesia yang muda harus siap seperti pahlawan. Dulu kan perang, sekarang beda, yaitu mengentaskan kemiskinan, kebodohan. Itu tantangan berat. Tapi, Insyaallah dengan Pancasila bisa menjadi solving problem," ucap Try Sutrisno di PP Muhammadiyah, Jumat (10/11/2017).

Dia mengatakan, jangan sampai karena euforia reformasi dan dengan keterbukaan informasi dewasa ini, justru nilai-nilai Pancasila menjadi luntur. Apalagi ada yang ingin menggantinya.

"Jangan karena reformasi, simpang siur informasi masuk, akhirnya kita longgar dengan Pancasila. Siapa yang ingin mengganti Pancasila, itu jelas jalan yang salah," tegas Try.

Dia merasa yakin, saat manusia dan negara lain dalam keadaan gawat, justru Pancasila bisa menjadi solusi. "Jika dunia semakin gawat, Pancasila akan menjadi solusi. Karena itu pelajari sila-silanya," pungkas Try.

PP Muhammadiyah memperingati Hari Pahlawan dengan mengadakan seminar mengenai Pancasila dan Islam berkemajuan untuk dunia. Selain itu,  Muhammadiyah dan Komunitas Sant' Egidio juga menandatangani nota kesepahaman atau MoU.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Peringati Hari Pahlawan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Pantauan di lokasi, Presiden Jokowi tiba di tempat acara pada pukul 08.07 WIB. Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuju tempat upacara dan menerima laporan dari komandan upacara.

Selain menjadi inspektur upacara, pada kesempatan ini Jokowi juga memberikan penghormatan kepada mendiang para pahlawan. Ia menyematkan bunga di Tugu TMP Kalibata.

Setelah itu, upacara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Kemudian Jokowi dan para peserta upacara menaburkan karangan bunga di makam para pahlawan.

Upacara ini juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri Kabinet Kerja serta para pemimpin lembaga negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.