Sukses

Jokowi Bertolak ke Vietnam dan Filipina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Vietnam dan Filipina untuk melakukan kunjungan kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Vietnam dan Filipina untuk melakukan kunjungan kerja. Jokowi berangkat dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat kepresidenan, Jumat (10/11/2017) siang.

Ada dua konferensi yang akan dihadiri Jokowi di dua negara tetangga, antara lain KTT APEC di Da Nang, Vietnam dan KTT ASEAN di Manila, Filipina.

"Saya rombongan akan bertolak ke Vietnam yang akan dilanjutkan ke Manila, Filipina. Dua agenda utama kunker (kunjungan kerja) hari ini adalah menghadiri KTT APEC di Vietnam dan KTT ASEAN di Manila Filipina," ujat Jokowi di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jumat (10/11/2017).

Di KTT APEC, Jokowi dan para delegasi Indonesia lainnya akan memperjuangkan Sustainable Development Goals (SDGs) dan mempersempit kesenjangan ekonomi. Selain itu, Indonesia juga akan mendorong pembangunan infrastruktur.

"Development goods utamanya menghilangkan hambatan nontarif bagi produk-produk Indonesia yang berkontribusi pada pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan," jelasnya.

Adapun di KTT ASEAN di Filipina, dia mengatakan, Indonesia akan mengusung upaya peningkatan kerja sama baik antar-anggota ASEAN maupun antara ASEAN dan negara-negara mitranya.

"Kita berharap, kunjungan ini memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Jokowi.

Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke Vietnam dan Filipina dari 10 hingga 15 November 2017.

Dalam kesempatan ini, dia didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Seskab Pramono Anung. Sementara Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi akan mulai bergabung di KTT ASEAN.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi