Sukses

Presiden Jokowi Taburkan Bunga di Makam Pahlawan

Selain menjadi inspektur upacara, pada kesempatan ini Jokowi juga memberikan penghormatan kepada mendiang para pahlawan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Pantauan di lokasi, Presiden Jokowi tiba di tempat acara pada pukul 08.07 WIB. Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuju tempat upacara dan menerima laporan dari komandan upacara.

Selain menjadi inspektur upacara, pada kesempatan ini Jokowi juga memberikan penghormatan kepada mendiang para pahlawan. Ia menyematkan bunga di Tugu TMP Kalibata.

Setelah itu, upacara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Kemudian Jokowi dan para peserta upacara menaburkan karangan bunga di makam para pahlawan.

Upacara ini juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri Kabinet Kerja serta para pemimpin lembaga negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Pahlawan

Empat tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional itu, yakni almarhum Tuan Guru Kiai Haji (TGKH) Muhammad Zainuddin Madjid asal Lombok Nusa Tenggara Barat, almarhumah Laksamana Malahayati asal Aceh, almarhum Sultan Mahmud Riayat Syah asal Kepulauan Riau, dan almarhum Prof Drs Lafran Pane asal Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya, keempat tokoh itu mendapat gelar pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 115/TK/Tahun 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Laksma TNI Imam Suprayitno, penganugerahan gelar pahlawan nasional ini sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari Pahlawan nasional Tahun 2017.

Keempat tokoh itu diberi gelar pahlawan nasional sesuai usulan dari Kementerian Sosial, dengan mengacu pada syarat-syarat yang telah ditentukan.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.