Sukses

Ditunjuk Wakili Keluarga Jokowi, Moeldoko Bakal Ditarik Istana?

Sikap Jokowi yang meminta Moeldoko mewakili keluarga di pernikahan Kahiyang Ayu, dinilai memiliki pesan tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko dipercaya Presiden Jokowi untuk mewakili keluarga menyambut tamu undangan dalam pernikahan Kahiyang-Bobby. Sikap Jokowi ini pun dinilai memiliki pesan tersendiri.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendro Satrio, menilai, meskipun tidak mempunyai hubungan keluarga dengan Jokowi dan tidak menjabat Panglima TNI lagi, kepercayaan tersebut jadi bukti Moeldoko tetap memiliki kedekatan dengan kepala negara.

"Ini kode keras dari Jokowi yang akan meminang Moeldoko masuk Istana," kata Hendro di Jakarta, Kamis (9/10/2017).

Hendro mengatakan, Moeldoko sangat mungkin dilirik Jokowi untuk memperkuat Istana guna menghadapi isu toleransi dan keberagaman, yang belakangan dimainkan pihak tertentu untuk menggoyang pemerintahan Jokowi.

"Bisa saja Moeldoko mengisi salah satu pos kementerian atau memimpin lembaga baru. Saya memperkirakan kemungkinan memimpin kementerian," ujar Hendro.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI), Ari Junaedi, juga menilai kemunculan Moeldoko sebagai perwakilan keluarga Jokowi sebagai penanda, sang jenderal itu tidak dilupakan oleh Panglima Tertinggi.

"Ini justru mengisyaratkan 'kebangkitan' politik Moeldoko, mengingat namanya relatif tenggelam usai pensiun dari orang nomor satu di TNI," kata Ari.

Bahkan, menurut Ari, penunjukan Moeldoko bisa dibaca sebagai rasa ketertarikan Jokowi terhadap sosok peraih Adhi Makayasa Akabri 1981 ini.

"Justru dari gestur Pak Moeldoko, saya melihat ada semacam rencana penugasan dari RI-1 untuk Moeldoko ke depannya. Bisa jadi ini terkait dengan ketidakharmonisan yang terbaca dari luar antara Presiden dan Panglima TNI," urai Ari.

Saksikan video pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Istana Hati

Sebelumnya dalam kata sambutan mewakili keluarga Jokowi, Moeldoko mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tamu undangan yang telah berbagi kebahagiaan di "istana hati".

"Sengaja saya menyebut istana hati, karena perhelatan kali ini ternyata sungguh mampu membahagiakan dan membuat banyak pihak senang hati," kata Moeldoko yang tampil memakai setelan jas hitam.

"Alam pun seakan ikut bergembira. Alhamdulillah, respons rembulan pun malam ini bersinar dengan sungguh baik dan terang," kata Moeldoko didampingi dua putra Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Kahiyang Ayu adalah anak ke-dua dan putri satu-satunya dari Presiden Joko Widodo.
    Kahiyang Ayu adalah anak ke-dua dan putri satu-satunya dari Presiden Joko Widodo.

    Kahiyang Ayu

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko