Sukses

4 Momen Haru Jokowi dan Iriana di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Jokowi pun kerap terharu saat menjalani detik demi detik proses pernikahan Kahiyang-Bobby. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tugas Jokowi sebagai seorang ayah selesai sudah. Dia telah menikahkan putri tercintanya, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution. Keduanya telah melangsungkan ijab kabul di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu, 8 November 2017.

Momen indah Kahiyang-Bobby tersebut menjadi peristiwa yang tak terlupakan. Jokowi meminta doa agar kedua mempelai selalu dipenuhi kasih sayang dalam membangun mahligai rumah tangga.

Harapan itu diungkapkan Jokowi melalui akun Twitter-nya @jokowi. Jokowi turut mengunggah foto prosesi ijab-kabul Kahiyang dan Bobby.

"Alhamdulillah, ijab kabul pernikahan Kahiyang dan Bobby Nasution berjalan dengan lancar. Mohon doa, agar mereka selalu dipenuhi dengan cinta dan kasih sayang, membangun keluarga yang baru -Jkw," twit Jokowi, Rabu, 8 November 2017.

Layaknya seorang ayah, Jokowi pun kerap terharu saat menjalani detik demi detik proses pernikahan putrinya tersebut. Bahkan dalam suatu momen, ia tampak menahan tangisnya.

Apa saja momen-momen Jokowi merasa haru saat menjalani proses pernikahan Kahiyang-Bobby tersebut. Berikut ini ulasannya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bertemu Sinta Nuriyah

Ramai beredar di media sosial, foto Sinta Nuriyah menyalami Presiden Jokowi saat menghadiri resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Graha Saba Buana, Solo. Momen itu pun menuai pujian dari netizen.

Pasalnya, Jokowi tampak sangat menghormati istri mendiang Kiai Abdurrahman Wahid ini. Dengan badan yang kelihatan membungkuk hingga kepala kelihatan tampak sejajar dengan posisi kepala Sinta Nuriyah.

Bahkan, Kepala Desk Social Media Center Kantor Staf Kepresidenan Alois Wisnuhardana mengunggah foto ini di timeline Facebooknya dengan menyebutkan bahwa foto ini sebagai salah satu momen terbaik pada pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu, pada Rabu (8/11).

"One of the best moment at #KahiyangBobby #Wedding," tulisnya.

Tidak tahu siapa yang memotret momen ini. Namun, netizen mengungkapkan kekagumannya dengan beragam komentar.

Pemilik akun Anies Walsh menyebutkan, "Hati tercermin dari perilaku dan perkataan..proud of him..and love Gus Dur and family....."

Ash Asyarifh menyampaikan, "Saya sampe keluar air mata lihat momen ini..begitu rendah hatinya beliau."

Sementara Apni Jaya Putra menulis, "Presiden yang Tawadhuk." (red: tawadhu artinya punya sifat mulia hatinya)

Sebanyak 360 pemilik akun Facebook memberi jempol suka, sementara 72 membagikannya ke yang lain. Bisa jadi masih banyak yang memuji momen ini.

3 dari 5 halaman

2. Jokowi Gendong Kahiyang

Sebelum ijab kabul berlangsung, masing-masing mempelai menjalani prosesi acara siraman. Kahiyang Ayu melakukan siraman di kediaman Jokowi, Jalan Kutai Utara, RT 8 RW VII, Sumber, Solo, Jawa Tengah. Sedangkan Bobby Nasution melakukannya di Hotel Alila, Solo.

Acara siraman Kahiyang berlangsung khidmat. Prosesi siraman ini sebagai simbolisasi membersihkan diri lahir batin kedua calon mempelai sebelum puncak acara panggih (dipertemukan). Keduanya dimandikan oleh orang-orang tercinta.

Yang menarik dalam prosesi ini, Jokowi harus menggendong Kahiyang. Saat berupaya menggendong putrinya, Jokowi terlihat menahan berat anak keduanya tersebut.

Melihat momen ini, para tamu undangan yang datang tampak tertawa.

 

4 dari 5 halaman

3. Tahan Tangis saat Sungkeman

Tangis Kahiyang Ayu pecah ketika sungkeman dengan kedua orangtuanya, Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana. Dengan pakaian basahan dan duduk bersimpuh di depan kedua orangtuanya, dia meminta restu atas pernikahannya dengan Bobby Nasution.

Memegang kertas berwarna putih, Kahiyang terbata-bata kala meminta restu kepada kedua orangtuanya. Jokowi terdiam, tangannya diletakkan di atas paha. Sedangkan sang ibunda terlihat tersenyum beberapa kali.

Tak lama kemudian ketika membaca kertas berisi permintaan restu, tangis Kahiyang pun pecah.

Dengan suara terbata, Jokowi pun memberikan restunya pada sang putri untuk menikah dengan Bobby.

"Anakku wedok, Bapak dan Ibu tansah paringi pangestu mugo-mugo nggonmu bebrayan pikantuk Allah Subhanahuwataala. Tansah dadio keluarga ingkang sakinah mawadah warohmah. Amin," ucap Jokowi kepada Kahiyang.

Dengan ucapan itu, Jokowi dan Iriana memberikan restu pada Kahiyang untuk menikah dengan Bobby Nasution. Jokowi juga mendoakan agar rumah tangga putri semata wayangnya itu diberkahi Tuhan, serta menjadi keluarga sakinah, mawadah, dan warahmah.

Kahiyang pun memegang tangan Jokowi. Sang ayah beberapa kali menepuk pundak anak perempuannya itu.

Kahiyang lalu meletakkan tangan di bagian lutut Jokowi sambil tersenyum. Namun, wajah sang ayah terlihat seperti menahan tangis dan tatapannya ke arah bawah.

Sedangkan sang ibu, menyunggingkan senyumnya melihat Kahiyang yang akan segera dipersunting Bobby Nasution.

Sementara itu, Gibran Rakabuming, Selvi Ananda, dan adiknya Kaesang Pangarep serta keponakannya Jan Ethes menyaksikan ritual tersebut.

 

5 dari 5 halaman

4. Bertemu Veronica

Kehadiran istri mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Veronica Tan, ke pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, terasa istimewa.

Hal itu terlihat dalam rekaman video resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby, yang berlangsung Rabu (8/11/2017), di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Kedatangan Veronica tampak menjadi temu kangen antara dia dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Saat Veronica naik ke atas pelaminan dan bertemu Jokowi, terlihat keduanya berbicara beberapa saat. Ketika Veronica bergerak ke depan dan bertatap muka dengan Iriana, ibunda Kahiyang Ayu itu langsung memeluk Veronica.

Haru dan bahagia tampak terpancar dari wajah keduanya. Usai memeluk Veronica, Iriana menggenggam tangan Veronica dengan kedua tangannya. Mereka pun tampak berbincang.

Iriana dan Veronica memiliki hubungan dekat, karena keduanya pernah berkerja sama saat Jokowi menjadi Gubernur DKI dan Ahok menjadi wakilnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.