Sukses

Intip Prediksi Calon Peserta Pilkada Jabar 2018

Liputan6.com, Jakarta - Tiga nama calon gubernur diprediksi muncul dalam Pilkada Jabar 2018. Ketiganya sudah sering disebut oleh publik, yakni Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dedi Mulyadi.

"Jadi kalau dilihat kemungkinan besar tiga. Karena ada yang berpeluang untuk maju, walaupun tergantung rekomendasi partai lagi," ucap Direktur Populi Center, Usep S Akhyar, dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 8 November 2017.

Dia yakin Ridwan Kamil yang diusung NasDem, PKB, PPP, dan Golkar, akan memilih Daniel Muttaqien. Hal ini karena memang banyak tokoh kuat di Golkar.

"Ridwan Kamil akan memilih dari Golkar. Golkar itu banyak yang menyebar dan tidak sekedar Dedi Mulyadi. Karena ada tokoh kuat lain," jelas Usep.

Sementara itu, lanjut dia, Deddy Mizwar sendiri akan terjadi perebutan antara Gerindra dan PKS. Meskipun partai pimpinan Prabowo Subianto akan mengalah.

"Kalau belakangan Deddy dengan Ahmad Syaikhu, masih tetap," tutur Usep.

Selain itu, lanjut dia, yang terakhir akan muncul nama Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi akan maju. Dia diprediksi berduet dengan kader PDIP Puti Guntur Soekarno.

"Terakhir Dedi Mulyadi dengan Puti. Mungkin sekitar itu dan paling nampak," pungkas Usep.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Simulasi Duel

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei menjelang Pilkada Jawa Barat 2018. Hasilnya menunjukkan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, punya potensi paling besar memenangkan Pilkada.

Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan mengatakan, melakukan simulasi bila Pilkada Jabar menyisakan dua calon. Kang Emil sapaan dari Ridwan Kamil, menurut dia, tetap lebih unggul.

"Deddy Mizwar dan Ridwan Kamil, unggul Emil sebanyak 50,7 (persen) dukungan dan Deddy hanya 39,0," kata Djayadi di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2017).

Djayadi menjelaskan, saat diadu dengan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Emil tetap unggul dengan potensi dukungan 64 persen. Sementara, Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi dimenangi Deddy Mizwar. Ia mendapat dukungan 59,9 persen suara.

"Kalau tiga calon nama yaitu Emil, Deddy Mizwar dan Dedi itu masing masing suara ke Emil sebesar 46,7 persen," ujar dia.

Artikel Selanjutnya
Golkar Tegaskan Tetap Dukung Dedi Mulyadi Maju Pilgub Jabar 2018
Artikel Selanjutnya
PKB Umumkan Usung Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar September Ini