Sukses

Momen Lucu Jokowi Gendong Kahiyang Ayu Usai Prosesi Siraman

Prosesi siraman adalah simbolisasi membersihkan diri lahir batin kedua calon mempelai sebelum puncak acara panggih atau dipertemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Prosesi adat siraman dalam rangkaian acara prosesi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berlangsung khidmat. Jokowi dan Iriana selaku orangtua menyiram air yang berasal dari tujuh sumber dan kembang setaman ke tubuh Kahiyang Ayu.

Posesi siraman atau memandikan calon mempelai adalah simbolisasi membersihkan diri lahir batin kedua calon mempelai sebelum puncak acara panggih atau dipertemukan. Keduanya dimandikan oleh orang-orang tercinta.

Di akhir prosesi siraman, Jokowi harus menjalani ritual menggendong Kahiyang. Momen itu mempunyai makna beban tanggung jawab orangtua akan beralih ke anak-mantu. Momen lucu terjadi ketika Jokowi menjalani ritual tersebut.

Saat berupaya menggendong Kahiyang, Jokowi tampak terlihat kesulitan. Dari wajahnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat keberatan menggendong anak keduanya itu. 

Melihat prosesi tersebut, sejumlah tamu undangan tampak tertawa. Salah satu yang turut terhibur melihat Jokowi menggendong Kahiyang yaitu desainer kawakan Anne Avanti.

"Yang menarik saat gendong. Putrinya kan cukup besar, jadi hanya meletakkan tangan di bahu Jokowi, nemplok seperti digendong," ucap Anne Avanti.

Kendati demikian, Anne melihat prosesi siraman berlangsung khidmat. Dia berharap keluarga Kahiyang dan Bobby Nasution diberkahi oleh Yang Maha Kuasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Filosofi Siraman

Prosesi siraman atau memandikan calon mempelai adalah simbolisasi membersihkan diri lahir batin kedua calon mempelai sebelum puncak acara panggih (dipertemukan). Keduanya dimandikan oleh orang-orang tercinta.

Menurut situs pernikahan adat Jawa, acara siraman diawali dengan sungkem calon pengantin kepada orangtua untuk mohon doa restu. Setelah itu, calon pengantin dibimbing ke tempat siraman yang sudah disiapkan.

Siraman dimulai dari kedua orangtua pengantin diikuti oleh pini sepuh yang telah dipilih. Air wudu lalu dikucurkan oleh sang ayah dari kendi siraman. Kemudian kendi dipecahkan oleh kedua orangtua sebagai tanda pecahlah pamor sang anak sebagai wanita dewasa dan memancarlah sinar pesonanya.

Acara potong rambut, diikuti dengan menggendong ananda ke dalam rumah melambangkan kasih sayang orangtua yang senantiasa mengiringi anaknya sampai detik terakhir menjelang tahap baru kehidupan sang anak.

Sebelumnya, Jokowi telah memasang bleketepe sebagai rangkaian prosesi pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Pemasangan bleketepe dilakukan di kediaman Jokowi di Solo.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.