Sukses

Salah Ucap, Jokowi Lakukan Simulasi Ijab Kabul Kahiyang 2 Kali

Jokowi telah memasang bleketepe sebagai rangkaian prosesi pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan simulasi ijab kabul untuk pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution yang akan digelar di Gedung Graha Saba Buana Jawa Tengah, Rabu 8 November 2017. Saat melakukan simulai ijab kabul, Jokowi ternyata salah mengucap sehingga simulai harus kembali diulang.

Jokowi dengan dipandu penghulu mulanya membuka dengan kalimat istighfar dan kalimat syahadat. Kemudian, penghulu mempersilakan para saksi mengingatkan jika Jokowi salah mengucapkan kalimat ijab kabul.

"Bismillahirrahmanirrahim. Saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya, Kahiyang Ayu, dengan engkau, Muhammad Bobby Afif Nasution, putra Erwin Nasution almarhum, dengan mas kawin seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram, secara... secara tunai," tutur Jokowi di Graha Saba Buana Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017).

Jokowi pun lantas mengulangi simulasi ijab-kabul tersebut. Setelah diulang, simulasi ijab-kabul kedua diucapkan dengan lancar.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ibu Negara Iriana Widodo serta anak-anak Jokowi lainnya yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Selain itu, beberapa menteri Kabinet Kerja juga terlihat hadir seperti Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya, Jokowi telah memasang bleketepe sebagai rangkaian prosesi pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Pemasangan bleketepe dilakukan di kediaman Jokowi di Solo.

Usai pemasangan bleketepe, prosesi dilanjutkan dengan siraman. Untuk Kahiyang, proses siraman dilakukan di kediaman Jokowi. Sedangkan calon mempelai pria, Bobby Nasution melakukan siraman di Hotel Alila Solo. Prosesi siraman berlangsung secara tertutup.

Malam nanti rencananya akan dilakukan prosesi midodareni. Calon mempelai pria, Muhammad Bobby Afif Nasution dan keluarga juga akan menghadiri acara tersebut yang berlangsung di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi untuk Kahiyang

Presiden Jokowi berpesan kepada putri semata wayangnya, Kahiyang Ayu, agar bersabar dalam berumah tangga.

"Kalau saya hanya hati-hati membina rumah tangga, yang sabar, yang sabar," kata Jokowi menjelaskan ucapan yang dibisikkan kepada Kahiyang saat prosesi sungkeman di kediaman Presiden di Kelurahan Sumber, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017).

Menurut Jokowi, ia bersama Iriana terharu saat prosesi sungkeman putrinya yang akan disunting Bobby Nasution, Rabu besok.

Presiden juga mendoakan rumah tangga Kahiyang dan Bobby langgeng. Tak lupa, Jokowi dan keluarga juga mengharapkan doa dari masyarakat.

"Karena apa pun Kahiyang ini sudah dari kecil sampai besar setiap hari bersama di rumah. Dan besok insyaallah setelah ijab kabul sudah mandiri membangun keluarga sendiri. Kita berdoa dan mohon doa restunya agar Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution bisa membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah," kata Jokowi. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.