Sukses

Kader Golkar Jabar Ancam Tak Pilih Ridwan Kamil-Daniel Mutaqien

Pasangan pilihan DPP Golkar di Pilgub Jabar berbuntut panjang. Kader di akar rumput merongrong.

Liputan6.com, Bandung - Golkar berpotensi kehilangan dukungan suara untuk cagub dan cawagubnya di Pilgub Jabar 2018. Ratusan pengurus kecamatan Partai Golkar se-Jawa Barat menyatakan tidak akan memilih pasangan pilihan DPP Golkar.

Perwakilan Forum Komunikasi Pengurus Kecamatan Golkar Jabar, Yayan Heryana, mengatakan keputusan DPP Golkar mengusung Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien tidak sesuai hasil Rapimda yang digelar di Karawang.

"Kami menolak keputusan DPP Partai Golkar karena bukan karena suka atau tidak suka, tapi tidak sesuai dengan mekanisme saat penjaringan dari PK (pengurus kecamatan), DPD, DPD, DPD I Jabar dan DPP merekomendasikan Dedi Mulyadi," kata dia di salah satu rumah makan di Bandung, Selasa (7/11/2017).

Menurutnya, penunjukan calon dari luar kader Golkar menjadi indikasi kehancuran. Lagi pula, kata dia, tidak ada jaminan Ridwan Kamil sukses di Pilkada Jabar 2018.

"Seandainya SK (surat keputusan) tetap seperti ini, kami yang ada di grass root marah besar. Kami tidak menginginkan baju kami luntur, kami tidak akan mendukung (Ridwan Kamil-Daniel Mutaqien)," ucapnya.

Yayan mengklaim pihaknya telah mendapat dukungan dari sekitar 600 pengurus kecamatan, minus dari kabupaten Indramayu. Mereka akan menyampaikan keberatan melalui Mahkamah Partai Golkar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditinggal Golkar

Sebelumnya, beberapa pengamat menyebut Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi, berpeluang maju Pilgub Jabar melalui partai lain. Dedi diajukan pertanyaan itu ketika menggelar konferensi Pers di Kantor DPD Golkar Jabar, Bandung.

Lantas apakah Dedi akan meninggalkan Golkar demi maju pilgub?

"Jangan ada kalimat Pak Dedi meninggalkan Golkar, menurut saya terbalik, wong kali ini kita kok yang ditinggalkan (Golkar)," jawab Dedi, pada Senin, 6 November 2017.

Dedi sempat digadang-gadang akan diusung Golkar di Pilgub Jabar. Namun, nasib bicara lain. DPP Golkar memutuskan mengusung Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien sebagai pasangan cagub dan cawagub.

Padahal, jasa Dedi bagi Golkar tidak sedikit. Ia mengatakan, selama ini ia mengabdi pada masyarakat melalui Golkar.

Dedi menuturkan, setiap hari mengurus kader dan melakukan kunjungan. Hasil kerja keras itu, menurut Dedi, suara Golkar di Jabar naik 18 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.