Sukses

Rambut Kahiyang-Bobby Akan Ditanam di Depan Rumah Jokowi

Prosesi ini disebut tanem rikmo (tanam rambut). Nantinya, rambut kedua calon mempelai akan ditanam di dalam tanah depan rumah Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah prosesi siraman, calon pengantin Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan menjalani ritual pembersihan anak rambut. Nantinya, anak rambut Bobby akan dibawa ke kediaman Presiden Jokowi untuk disatukan dengan rambut Kahiyang Ayu.

Prosesi ini disebut tanem rikmo (tanam rambut). Nantinya, rambut kedua calon mempelai akan ditanam di tanah depan rumah Jokowi.

Makna penanaman rambut ini adalah diharapkan tanah yang bersifat dingin dapat mendinginkan dua kepala yang masing-masing punya tabiat berbeda.

Sebelumnya dalam prosesi siraman, ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, menjadi orang terakhir yang memandikan Bobby, atau yang disebut petit.

Hal ini melambangkan bahwa ibunda adalah orang yang berperan sebagai pelindung sejak dari dalam kandungan hingga jenjang pernikahan.

Air siraman itu berasal dari tujuh sumber mata air. Di antaranya dari Masjid Agung Solo, Masjid Agung Laweyan, Istana Presiden Jakarta, Istana Bogor, kediaman Presiden Jokowi, juga air Zamzam.

Menurut informasi yang didapat, proses siraman Bobby Nasution berlangsung di lantai 19 Hotel Alila. Ruangan tersebut memiliki kapasitas 40 orang dengan tarif Rp 7,5 juta per malam.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.