Sukses

Air Siraman untuk Bobby Dibawa dari Rumah Jokowi ke Hotel Alila

Air siraman untuk calon suami Kahiyang, Bobby Nasution dibawa dari rumah Jokowi menuju Hotel Alila.

Liputan6.com, Solo- Setelah melangsungkan prosesi bleketepe, putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu melakukan prosesi siraman. Sementara air siraman untuk calon suami Kahiyang, Bobby Nasution dibawa dari rumah Jokowi menuju Hotel Alila.

Pantauan Liputan6.com di kediaman Jokowi, Jalan Kutai Utara Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017), mobil hitam berpelat nomor AD 9099 NA keluar dari rumah Jokowi pukul 08.45 WIB.

Saat kaca mobil tersebut dibuka, terlihat seorang pria yang memakai beskap dan blangkon membawa kendi yang berisi air siraman. Kendi itu dihiasi dengan ronce bunga melati.

Mobil tersebut lalu melaju ke arah selatan, yaitu ke arah Hotel Alila, Kota Solo, Jawa Tengah. Hotel tersebut merupakan tempat Bobby beserta keluarganya menginap. Di Alila, Bobby juga melakukan prosesi siraman adat Jawa.

Berdasarkan adat Jawa, prosesi siraman atau memandikan calon mempelai adalah simbolisasi membersihkan diri lahir batin kedua calon mempelai sebelum puncak acara panggih (dipertemukan).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemasangan Bleketepe

Sebelumnya, Jokowi telah memasang bleketepe sebagai rangkaian prosesi pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Pemasangan bleketepe dilakukan di kediaman Jokowi di Solo.

Dalam tradisi Jawa, Bleketepe adalah daun kelapa yang masih hijau dan dianyam dengan ukuran rata-rata 50 cm x 200 cm.

Bleketepe yang dipasang di Tarub dan mengelilingi area untuk pernikahan, merupakan perwujudan dari suatu tempat pensucian di kahyangan para dewa yang dinamakan Bale Katapi.

Pemasangan bleketepe biasanya dilengkapi dekorasi atau hiasan dari tumbuhan, seperti pohon pisang raja, pohon tebu, daun beringin, buah kelapa gading dan lainnya. Pemasangan bleketepe dilakukan sendiri oleh orangtua mempelai wanita, sebelum prosesi siraman.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.