Sukses

Jokowi Siarkan Langsung Pemasangan Bleketepe Pernikahan Kahiyang

Presiden Jokowi menyiarkan langsung ritual pemasangan bleketepe pernikahan Kahiyang di akun Facebooknya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyiarkan langsung pemasangan bleketepe pernikahan putri semata wayangnya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di laman Facebooknya.

"Pagi ini saya memulai prosesi pernikahan anak saya Kahiyang Ayu, dengan pemasangan bleketepe," ujar Jokowi dalam akun Facebooknya, Selasa (7/11/2017).

Di Facebooknya, Jokowi juga menjelaskan makna pemasangan bleketepe itu. Bleketepe, kata Jokowi adalah anyaman daun pohon kelapa yang masih hijau.

"Selain sebagai peneduh, filosofi pemasangan bleketepe adalah orangtua mengajak mempelai menyucikan diri dari kotoran yang melekat pada jiwa dan raga," kata dia.

Pemasangan bleketepe ini, diiringi pemasangan tuwuhan dengan pohon pisang raja yang sudah masak. "Harapannya agar pengantin kelak mendapat kemuliaan. Mohon doa restu," tandas Jokowi.

Siaran langsung ini, sudah disaksikan oleh 45 ribu netizen.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017), bleketepe dipasang pada pukul 08.23 WIB. Jokowi beserta Ibu Iriana Jokowi mengenakan beskap dan kebaya bewarna oranye.

Saat memasangkan bleketepe, Jokowi juga turut ditemani oleh putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, bungsunya Kaesang Pangarep, Selvi Ananda yang merupakan istri dari Gibran, serta cucunya Jan Ethes Sri Narendra. Mereka juga kompak menggunakan beskap dan kebaya bewarna oranye.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.