Sukses

Jokowi Akan Pasang Bleketepe Pernikahan Kahiyang Pagi Ini

Presiden Jokowi akan memulai rangkaian prosesi pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu.

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memulai rangkaian prosesi pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu. Megawali rangkaian, Jokowi beserta Iriana Jokowi akan memasangkan bleketepe di kediamannya, Jalan Kutai Utara, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari media center pernikahan Kahiyang-Bobby, prosesi pemasangan bleketepe akan berlangsung pada pukul 08.00 WIB. Bleketepe adalah daun kelapa yang masih hijau dan dianyam dengan ukuran rata-rata 50 cm x 200 cm.

Bleketepe yang dipasang di tarub dan mengelilingi area untuk pernikahan, merupakan perwujudan dari suatu tempat pensucian di kahyangan para dewa yang dinamakan Bale Katapi.

Pemasangan bleketepe biasanya dilengkapi dekorasi atau hiasan dari tumbuhan, seperti pohon pisang raja, pohon tebu, daun beringin, buah kelapa gading dan lainnya. Pemasangan bleketepe dilakukan sendiri oleh orang tua mempelai wanita, sebelum prosesi siraman.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah menteri kabinet kerja turut hadir dalam prosesi sakral tersebut antara lain, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Menteri Sekertarus Negara Pratikno.

Sejumlah tamu undangan, yang berpakaian kebaya juga telah ramai mendatangi kediaman Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Wilujengan

Sebelumnya, Presiden Jokowu juga tlah menggelar slametan atau wilujengan sebagai bagian dari rangkaian acara pernikahan putri semata wayangnya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Acara ini berlangsung di kediamannya Jalan Kutai Utara Kota Solo, Jawa Tengah, Senin 6 Nopember 2017. Acara wilujengan ini dimulai sejak pukul 16.00 WIB dengan mengundang tetangga sekitar rumah.

Jokowi mengatakan, rangkaian prosesi pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan mulai digelar pada esok hari, Selasa 7 November 2017. Rangkaian acara dimulai dari siraman hingga midodareni.

Presiden Jokowi akan menikahkan sendiri putri satu-satunya di Gedung Graha Saba Buana Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu 8 November 2017.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.