Sukses

Jokowi Pantau Langsung Simulasi Kirab Pernikahan Kahiyang-Bobby

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu terus melihat ke arah utara, ke arah pertigaan lampu merah yang berlawanan arah dengan Graha Saba Buana.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memantau langsung simulasi kirab pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu di depan Gedung Graha Saba Buana, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (6/11/2017). Jokowi didampingi putranya, Gibran Rakabuming Raka, Menteri Sekertaris Negara Pratikno, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi datang ke depan Gedung Graha Saba Buana pukul 15.30 WIB. Jokowi menggunakan kemeja bewarna putih dan celana bewarna hitam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu terus melihat ke arah utara, ke arah pertigaan lampu merah yang berlawanan arah dengan Graha Saba Buana. Tak lama kemudian, iring-iringan kirab melintas di depan Jokowi.

Kirab diawali dengan rombongan polwan diakhiri dengan rombongan kereta kuda. Ini merupakan simulasi kirab yang akan dilalui oleh mempelai pria Bobby Nasution dari Hotel Alila menuju Gedung Graha Saba Buana.

Saat iring-iringan kirab mendekat, tampak Jokowi memperhatikan proses tersebut. Sesekali dia berbicara dengan Mensesneg Pratikno.

Sebelumnya, calon besan Presiden Jokowi, Ade Hanifah Siregar yang merupakan ibunda dari Bobby Nasution juga mengikuti acara geladi resik pernikahan Kahiyang-Bobby.

Ade meninggalkan Gedung Graha Saba Buana Kota Surakarta pada pukul 12.17 WIB. Usai mengikuti proses geladi resik, calon besan Jokowi ini langsung dijemput oleh mobil berpelat nomor AD 3 KO.

Dia tampak memakai batik dan kerudung senada. Ade Hanifah tidak sendirian, dia datang bersama sekitar 10 anggota keluarganya.

"Saya kemari cuma untuk geladi," kata ibunda Bobby di Gedung Graha Saba Buana Jawa Tengah, Senin siang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilujeng Kenduri

Hari ini, putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu, akan menggelar acara Wilujeng Kenduri. Acara ini berisi pengajian yang akan dilakukan oleh keluarga dan kerabat dekat Kahiyang.

Wilujeng Kenduri sejatinya adalah doa untuk meminta kelancaran dan keselamatan selama prosesi pernikahan. Acara Wilujeng Kenduri ini akan berlangsung di kediaman Presiden Jokowi, Jalan Kutai Utara Sumber, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah.

Acaranya sendiri akan dilangsungkan pada pukul 16.00 WIB hingga selesai. Sementara Senin pagi, pihak kepolisian melaksanakan apel untuk persiapan pengamanan pernikahan putri satu-satunya Presiden Jokowi itu.

Sementara keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan pemasangan bleketepe, siraman, dan sadeyan dawet pihak putri bertempat di kediaman pribadi Jokowi.

Prosesi siraman di pihak calon pengantin pria dilakukan pada hari yang sama, tapi di tempat yang berbeda, yakni di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah.

Pada malam harinya, sehari sebelum hari pernikahan, di kediaman pribadi Jokowi digelar prosesi adat serah terima paningset dan midodareni pada pukul 19.00-21.00 WIB.

 

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.