Sukses

Semeru Keluarkan Lahar Dingin

Lahar dingin dari Gunung Semeru membuat aktivitas warga Lumajang, Jatim, terganggu. Mereka terpaksa menerobos lahar karena jalur alternatif antardesa terendam.

Liputan6.com, Lumajang: Hujan deras yang mengguyur puncak Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, mengakibatkan gunung tertingi di Pulau Jawa itu memuntahkan lahar dingin. Akibatnya, seorang warga sempat terseret lahar karena nekat menerjang derasnya arus Sungai Rejali di Desa Bago.

Jalur yang diterjang warga merupakan jalur alternatif Desa Bago dan Desa Bades untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika tidak melalui jalur itu, warga harus memutar jalan sejauh 30 kilometer. Itulah sebabnya, warga nekat menerobos jalan, meski lahar dingin menerjang.

Tak jarang warga bertahan di tepi sungai sambil menunggu arus sungai kembali normal. Warga was-was lantaran arus lahar Semeru sangat deras dan membahayakan mereka.(ULF)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini