Sukses

Anies: 10 Proyek Infrastruktur Jakarta Tak Punya Amdal Lalin

Jakarta dikepung 10 proyek infrastruktur. Anies mengungkapkan alasan kemacetan tidak bisa diantisipasi.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan temuan mengejutkan. Dia mengatakan 10 proyek infrastuktur di DKI tidak memiliki analisis mengenai dampak lalu lintas (Amdal Lalin).

Masalah itu terkuak dalam pertemuan Anies dengan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya.

"Dampak lalin (proyek-proyek) tidak pernah diantisipasi sebelumnya. Ini menimbulkan kerepotan yang sekarang sudah kita alami," ucap Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2017).

Mantan Mendikbud ini akan mengambil langkah. Ia meminta Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah memanggil semua penyelenggara proyek. Mereka akan diminta menyelesailan Amdal Lalin.

"Sehingga jalan-jalan yang terkena proyek bisa dicarikan jalan-jalan alternatif. Sehingga tidak menimbulkan korban masalah," kata dia.

Anies berkomitmen, ke depan setiap proyek infrastruktur harus mengurus Amdal Lalin sebelum pekerjaan dimulai.

"Menurut aturan, Amdal Lalin dulu baru izin mendirikan bangunan (IMB) dan berjalan," jelas Anies.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Rute

Kemacetan Jakarta makin menjadi. Beberapa waktu lalu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menginstruksikan kepada Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk menciptakan inovasi terbaru.

Ia meminta Transjakarta dapat mencari rute untuk rekayasa lalu lintas saat terjadi kemacetan panjang, dampak dari pembangunan infrastruktur di Ibu Kota.

Hal itu, kata dia, untuk mempermudah para pengguna Transjakarta saat menghadapi kemacetan di beberapa titik itu.

Sehingga dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat dalam jangka pendek ataupun menengah untuk menggunakan kendaraan umum di Jakarta.

"Cari rekayasanya, sementara kasih kemudahan kepada warga. Sehingga tidak terlalu beda jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan jauh lebih terjangkau harganya," papar Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis 19 Oktober 2017.

Sehari berselang, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono langsung menyatakan akan memberlakukan rekayasa rute pada jalur yang mengalami kemacetan akibat pembangunan enam proyek besar underpass. Realisasi rencana itu akan dimulai Senin 23 Oktober 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.