Sukses

Kemeriahan Warnai HUT ke-72 Korps Marinir di Cilandak

Pentas musik, pameran alutsista, lomba menembak akan meriahkan HUT ke-72 Marinir di Bumi Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Marinir mempersiapkan berbagai agenda dan acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Korps Marinir. Perayaan tersebut menjadi rangkaian dengan persiapan awal mulai hari ini, Rabu (1/11/2017).

Komandan Brigif-2 Marinir Kolonel Marinir Oni Julianto menyampaikan, tema yang diangkat pada tahun ini adalah "Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional".

"Berbagai macam kegiatan akan mewarnai perayaan Ulang Tahun Korps Baret Ungu," tutur Oni di Yonif-6 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan.

Oni merinci, nanti pada 14 November para prajurit akan melakukan istigasah bersama di Brigif-2 Marinir. Kemudian sehari setelahnya digelar upacara militer dan defile.

Akan ada pula kemeriahan konser dari grup musik Slank di Bhumi Marinir Cilandak. Disusul dibukanya "Marinir Fair" di Lapangan Apel Brigif-2 Marinir pada 16 November hingga 19 November 2017.

"Kegiatannya terbuka untuk masyarakat umum," jelas dia.

Dalam pameran, akan ditampilkan berbagai perangkat alutsista. Tidak ketinggalan adanya bazar, festival kuliner, parade kendaraan tempur, demo serangan militer dan bela diri, hingga tarian tradisional.

"Malam penutupannya disemarakkan dengan pesta kembang api," ujar Oni.

Untuk kompetisi, diselenggarakan Lomba Menembak Marinir Cup di Jakarta, Surabaya, dan Lampung. Keseluruhannya dibuka untuk kategori TNI, Polri, dan umum.

"Satuan Marinir yang tersebar di seluruh Indonesia juga akan melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di tempat satuan masing-masing," Oni menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inbox SCTV dan Dangdut D'Academy

Selain rangkaian kemeriahan di atas, Inbox SCTV dan pentas Dangdut D'Academy akan turut memeriahkan peringatan tersebut.

Oni menyampaikan, kedua agenda itu akan diawali dengan peluncuran Buku Ensiklopedia Korps Marinir TNI AL yang merupakan buku ke-11 pada malam hari, 16 November 2017. Kemudian akan ada festival band SMA se-Jakarta pada 17 November 2017.

"Pada 18 November dimeriahkan dengan panggung Inbox SCTV dan Malam Pentas Dangdut D'Academy," tutur Oni.

Rangkaian acara tidak putus di situ. Pada 19 November nanti akan diwarnai dengan kegiatan Panggung Marine Day dan pesta kembang api di malam harinya.

Acara mulai 16 November hingga 19 November itu akan dilaksanakan di Lapangan Apel Brigif-2 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan. Keseluruhannya digelar untuk masyarakat umum.

"Untuk Brigif-3 Marinir akan menyelenggarakan Marines Fun Off Road & Trail Adventure di Piabung Lampung," jelas dia.

Sementara itu, rencananya pada 17 November 2017, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan meresmikan Masjid At Taqwa Markas Komando Korps Marinir di Kwitang, Jakarta Pusat.

"Berbagai macam kegiatan akan mewarnai perayaan ulang tahun Korps Baret Ungu," Oni menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.