Sukses

Hari Pertama Penerapan Sistem E-Toll Diwarnai Antrean Kendaraan

Cara pembayaran ini mempercepat durasi transaksi menjadi hanya tiga detik

Fokus, Jakarta - Tidak banyak yang berubah di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta Timur di hari pertama penerapan pembayaran tol secara non tunai hari selasa. Antrean kendaraan tetap terlihat saat memasuki gerbang tol. Pembayaran tol nontunai diberlakukan secara serempak mulai 31 Oktober 2017 di seluruh gardu tol di Indonesia.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, (1/11/2017) cara pembayaran ini mempercepat durasi transaksi menjadi hanya tiga detik dibandingkan transaksi tunai yang memakan waktu tujuh hingga delapan detik. Meski demikian sistem ini tidak mengurangi kemacetan di ruas tol secara signifikan.

Di hari yang sama, sistem E Tol ini belum bisa diterapkan di Jembatan Suramadu, Jawa Timur. Masih banyak pengendara yang belum mengantongi Kartu E-Toll dan petugas meminta mereka membeli kartu E-Toll di loket yang disedikan petugas.

Pemberlakuan pembayaran tol secara non tunai menjadi berkah tersendiri bagi pedagang. Mereka ramai-ramai menjual tongkat tol memanfaatkan kondisi banyak pengendara kesulitan menempel kartu pada mesin. Untuk satu tongkat tol dijuat bervariasi antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu.