Serangga Perusak Ditemukan di Kantong Beras

on

Liputan6.com, Los Angeles: Serangga mematikan ditemukan dalam sebuah kantong berisi beras di bandara Los Angeles. Serangga yang ditemukan oleh Petugas Bea Cukai Amerika ini diidentifikasi sebagai kumbang jenis khapra.

Seperti dilansir Telegraph, Kamis (6/1), petugas bea cukai tersebut mengatakan dirinya menemukan kumbang dewasa beserta larvanya hidup dalam kantong berisi beras itu. Beras tersebut adalah beras India yang dikirim dari Arab Saudi pekan lalu. Juru bicara perlindungan perbatasan dan US Costums Jaime Ruiz mengatakan serangga jenis Khapra adalah serangga yang paling berbahaya bagi tanaman dan juga merupakan jenis yang tersulit untuk dibasmi karena kemampuannya bertahan hidup walaupun tanpa makanan selama berbulan-bulan. Pihak bandara akhirnya memutuskan untuk membakar paket tersebut untuk mencegah penularan.

Menurut beberapa sumber, kumbang khapra yang punya nama Latin trogoderma granium evert ini termasuk hama yang paling merusak pada tempat-tempat penyimpanan atau gudang hasil pertanian khususnya biji-bijian atau serealia. Organisme pengganggu jenis ini termasuk golongan organisme pengganggu tumbuhan eksotik yang berpotensi untuk menimbulkan kerusakan parah sampai menghancurkan produk pertanian khususnya untuk biji-bijian yang disimpan di gudang. (Vin)
Suka artikel ini?

0 Comments