Sukses

Ini Saran JK untuk Anies Baswedan soal Reklamasi

Menurut JK, semua yang ada di DKI Jakarta harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk warga.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengaku sudah membicarakan masalah reklamasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. JK berpesan bahwa kebijakan tentang reklamasi itu harus menguntungkan rakyat.

"Saya sudah bicara juga (ke) Anies itu, bahwa penggunaannya akan harus lebih menguntungkan masyarakat dan pemerintah," ucap JK di kantornya, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Menurut JK, semua yang ada di DKI Jakarta harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk warga.

"Ya antara lain bahwa semua yang ada di DKI ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama yang sudah dibuat," kata JK.

Pemerintah, kata JK, juga meminta agar Pemprov DKI Jakarta melanjutkan reklamasi yang sudah kadung dijalankan.

"Pemerintah juga tidak mengatakan akan melanjutkan. Tapi bahwa apa yang sudah dijalankan itu diteruskan dan saya kira DKI juga sependapat itu. Bahwa ya cenderung bagaimana penggunaannya, kalau pemerintah DKI mengatakan bagaimana penggunaannya itu berarti kan yang ada tentu, harus dilanjutkan yang sudah ada," jelas JK.

JK mengatakan, tak mungkin membongkar bangunan yang sudah ada di pulau reklamasi.

"Yang kita bicarakan sebenarnya yang existing, yang sudah ada, kan tidak mungkin dibongkar kan. Lebih banyak ongkos pembongkarannya daripada membuatnya.Ya menurut pandangan saya, pengertian saya, begitu," ungkap JK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Refungsi Pulau Reklamasi

Muncul ide untuk merefungsi Pulau C dan D, yang saat ini sudah berdiri bangunan ruko.

Namun, menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pihaknya tidak ingin langsung menerima gagasan tersebut. Sejumlah kajian akan dilakukan agar tepat dalam mengambil keputusan.

Kita lihat dulu ide itu (refungsi)," kata Gubernur DKI Anies Baswedan di Lapangan Eks-IRTI Monas, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

Anies kembali menegaskan, penghentian proyek reklamasi akan tetap dilakukan. Sebab, persoalan tersebut merupakan bagian dari janji kampanyenya saat pilkada.

"Soal (reklamasi), posisi kita dari kampanye jelas (menolak)," tegas Anies.

Namun, Anies belum dapat mengungkapkan kapan rencana itu akan dieksekusi. Dia meminta masyarakat agar bersabar soal penghentian reklamasi. Anies juga kembali menegaskan, penghentian proyek reklamasi akan tetap dilakukan.

"Nanti di saat yang tepat," ujar dia.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Reklamasi