Sukses

Manfaat Olahraga Lebih dari Sekadar Kesehatan Fisik. Apa Saja?

Manfaat dari Olahraga Jauh Lebih Banyak dari Sekadar Kesehatan Fisik. Apa Sajakah Itu?

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, kebanyakan orang menganggap olahraga hanya memiliki manfaat terhadap fisik saja, seperti menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Ternyata, aktivitas fisik memiliki jauh lebih banyak manfaat daripada kesehatan fisik saja, lho.

Berbagai studi menemukan bahwa rutin berolahraga memiliki juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir, performa bekerja, dan regulasi stres. Jadi, secara tak langsung olahraga juga memiliki pengaruh terhadap kesuksesan Anda dalam karir dan hubungan interpersonal.

Semangat dan disiplin bekerja lebih tinggi

Olahraga ditemukan berpengaruh terhadap peningkatan mood, sehingga mampu menumbuhkan semangat dalam bekerja. Bahkan, menyempatkan diri berolahraga di tengah jam kerja juga dapat meningkatkan performa kerja. Aktivitas olahraga yang dilakukan pun tak perlu terlalu sulit, jogging atau yoga juga sudah cukup.

Penelitian yang dilakukan Leeds Metropolitan University terhadap 200 pegawai menemukan, pekerja yang menyempatkan diri untuk berolahraga atau pergi ke tempat fitness merasakan perubahan dalam kinerja mereka.

Mereka mengaku dapat mengatur waktu lebih efektif, lebih produktif dalam bekerja, dan lebih mudah berinteraksi dengan rekan kerja. Olahraga juga membuat pegawai lebih mudah menerima informasi baru. Pada akhirnya, mereka merasa puas saat pulang ke rumah.

Mengurangi stres dan membuat bahagia

Kinesiolog dari Yale Stress Center, Matthew Stults-Kolehmainen, mengatakan bahwa saat seseorang berolahraga, hormon norepinephrine akan keluar. Keluarnya hormon ini akan meningkatkan mood bahagia, meningkatkan kemampuan kognitif, dan meningkatkan kemampuan belajar.

Menurutnya, beraktivitas fisik, seperti jogging, bersepeda, dan menari, mampu mengurangi level stres secara cepat. Apabila diukur dengan alat ukur psikiatrik PALMS, seseorang yang baru selesai berolahraga menunjukkan peningkatan pada mood, memori, dan energi, serta penurunan tingkat depresi, ketegangan, dan rasa cemas.

Selain itu, berolahraga juga mengeluarkan hormon endorfin, yang bermanfaat pula dalam mengurangi tingkat stres. Hormon ini juga meningkatkan rasa bahagia seseorang.

Memperkuat tulang dan daya tahan tubuh

Manfaat olahraga untuk kesehatan fisik memang sudah tak perlu diragukan lagi. Latihan fisik sangat berpengaruh terhadap kekuatan tulang dan daya tahan tubuh.

Olahraga mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Aktivitas fisik membuat sirkulasi sel darah putih dan antibodi bergerak lebih cepat, sehingga dapat mendeteksi penyakit lebih awal. Sel darah putih sendiri merupakan sistem imun yang bermanfaat untuk melawan penyakit.

Peningkatan suhu tubuh setelah berolahraga juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyakit, seperti halnya kalau seseorang sedang demam. Tak hanya itu, latihan fisik juga dapat mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Dengan begitu, kemungkinan untuk terserang flu dan penyakit pernapasan pun akan berkurang.

Selain itu, olahraga juga bagus untuk kekuatan tulang. Latihan fisik dapat meminimalisir berkurangnya kepadatan ulang yang biasa terjadi pada usia dewasa, meningkatkan pembentukan massa tulang, dan menjaga keseimbangan sehingga tidak mudah terjatuh dan mengalami cidera tulang.

Rutin melakukan weightbearing exercises, seperti lari, tai chi, dan menari, juga ditemukan dapat mencegah osteoporosis. Berlari adalah kegiatan fisik yang menumpukan beban pada kaki, semakin jauh jarak tempuh pada saat kita berlari, akan berpengaruh pada kekuatan sendi serta tungkai tulang pada manusia.

Walaupun begitu, Anda perlu untuk menyadari bahwa olahraga lari juga dapat menimbulkan cidera apabila tumpuan yang salah atau peralatan olahraga kita yang jauh dari kata nyaman  dalam berlari. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah cidera adalah memilih sepatu yang ringan dan nyaman digunakan. Anda bisa memilih sepatu Bandit 3, yaitu produk terbaru dari merek Under Armour.

Sepatu tersebut khusus dirancang untuk street ready, sehingga memiliki desain yang fleksibel dan ringan. Bandit 3 juga dilengkapi teknologi Charged CushioningTM yang mampu menyerap tekanan beban tubuh saat berlari dari permukaan jalan.

Dengan begitu, energi yang harus keluar untuk menahan getaran pun bisa dihemat dan dialihkan untuk menambah kekuatan langkah saat berlari. Jadi, pelari tetap merasa nyaman saat berlari di atas permukaan jalan apapun, bahkan jalan yang bebatuan sekalipun.

Produk ketiga dari Under Armour untuk kategori seri Bandit tersebut juga memiliki teknologi seamless heel cup yang mengikuti bentuk kaki secara sempurna, sehingga memberikan fitting yang nyaman dan sesuai bagi para pengguna Bandit 3.

Selamat berolahraga!

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini