Sukses

Menanti Kejutan PAN Usung Calon di Pilkada Jabar, Jateng, Jatim

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan mengatakan, partainya berlambang mataahari putih ini belum memutuskan nama yang akan diusung maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

"Sementara sedang berkomunikasi terus, secara politik komunikasinya kita masih dinamika-dinamika yang belum jadi. Kejutan-kejutan masih banyak yang muncul, sedang berproses ya," ujar Taufik di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (30/10/2017).

Taufik menyatakan, dia tak mau mendahului menyebut PAN mengusung siapa dalam ketiga Pilkada 2018.

"Demikian juga partai yang lain juga seperti itu kan. Artinya di dalam kontestasi pilkada serentak ini memang hal yang sangat menarik besok di 2018 karena provinsi-provinsi besar sebagian besar melalukan proses pemilihan gubernur," ucap dia.

Dia menegaskan, salah satu kriteria bagi calon yang akan diusung PAN, adalah memiliki pandangan visioner sama dengan partai pimpinan Zulkifli Hasan ini.

"Artinya kalau secara umum normatif pastilah setiap tokoh yang dicalonkan oleh parpol tertentu pasti memiliki pandangan visioner yang sama dengan parpol yang mengusung maupun yang mendukung," kata dia.

Contohnya, lanjut Taufik, untuk di Jawa Barat, akan diutamakan calon yang memiliki tujuan menyejahterakan masyarakat Jabar.

"Kita serahkan pada kandidat-kandidat, kita serahkan pada platform ataupun nilai-nilai perjuangan dari masing-masing partai," kata Taufik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

1 dari 2 halaman

4 Bakal Calon di Pilkada Jateng

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan belum menentukan bakal calon gubernur yang akan diusung di Pilkada Jawa Tengah 2018. Namun, kata Zulkifli, PAN sudah memiliki 4 nama yang berpotensi untuk didukung dalam pilkada, salah satunya mantan Menteri ESDM, Sudirman Said.

Zulkifli mengatakan, partainya akan melakukan survei untuk menentukan calon yang bakal diusung.

"Kita lagi ikuti perkembangan. Nantinya, kita akan lakukan survei untuk menanyai kepada masyarakat siapa yang diinginkan," kata Zulkifli, usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan asrama Yayasan Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah di Solo, Jumat (27/10/2017)

Menurut dia, survei penting dilakukan karena partainya tidak ingin mengusung calon gubernur yang tidak mendapatkan dukungan dari masyarakat. "Untuk itu mohon bersabar ya, nanti survei akan dilakukan sebulan lagi lah," ujar dia.

Beberapa nama yang sudah masuk dalam radar Pilkada Jawa Tengah adalah Sudirman Said, Ganjar Pranowo, Nasrullah, dan Taufiq Kurniawan.