Sukses

Undang Pemred, Jokowi Sampaikan Capaian Kinerja Pemerintah

Jokowi juga menjelaskan berbagai program kerja yang akan berubah pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang pemimpin redaksi (pemred) dari sejumlah media nasional di Indonesia ke Istana Merdeka Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi memaparkan capaian kinerja pemerintah yang telah memasuki usia tiga tahun.

Kepada para pemimpin media, Jokowi juga menjelaskan berbagai program kerja yang akan berubah pada 2018, antara lain, Kementerian Pertanian‎, Kementerian PUPR, hingga Dana Desa.

"Di dalam ratas lalu sudah diminta oleh Presiden agar betul-betul diarahkan untuk menciptakan lapangan kerja," ujar Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki di Kompleks Istana Kepresidenan Gambir Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

Jokowi ingin program kerja pemerintah dikelola dengan swadaya oleh masyarakat. Pemerintah ingin sejumlah program padat karya untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

"Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan, dapat upah, sehingga daya beli masyarakat menguat. Khusus dana desa selain diarahkan untuk menyelesaikan masalah kemiskinan, desa juga menciptakan minimun satu desa 200 orang terserap dari program-program pemerintah," kata Teten.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsolidasi Kemenkeu

Menurut Teten, program kerja perubahan itu tengah dikonsolidasikan bersama Kementerian Keuangan yang nantinya akan langsung direalisasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018.

"‎Prosesnya sudah dilakukan. Kalau dana desa sudah sangat jelas, ada Kemen PU, Pertanian dan program-program kementerian lain yang akan dilihat bisa dikerjakan secara swakelola dan dikerjakan padat karya," jelasnya.

Dia berharap, fokus program kerja padat karya yang dilakukan pemerintah dapat menyerap banyak tenaga kerja. Dengan begitu, ke depan program kerja pemerintah pusat tidak boleh lagi dikontrakkan kepada perusahaan swasta.

"‎Jadi memang betul-betul dana desa itu (menyelesaikan) masalah kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, dan diharapkan tumbuh kekuatan ekonomi produktif," pungkas Teten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.