Sukses

Gelar Demo, Massa Buruh Tutup Jalan MH Thamrin

Petugas berupaya agar jalan tersebut dapat dibuka oleh buruh dan bisa dilalui pengendara.

Liputan6.com, Jakarta - Buruh dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) menggelar aksi demonstrasi. Mereka berkumpul di Bunderan HI yang selanjutnya long-march ke kantor ILO dan Istana Negara.

Saat ini, para buruh tersebut sedang berada di Jalan Thamrin, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Akibatnya, jalan tersebut ditutup oleh para demonstran.

"Massa buruh menutup jalan di Jl Thamrin Kb Sirih arah patung Kuda, air mancur," tulis TMC Polda Metro Jaya yang dikutip Liputan6.com, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Polisi pun mengawal jalannya aksi buruh tersebut. Petugas berupaya agar jalan tersebut dapat dibuka oleh buruh dan bisa dilalui pengendara.

"Upaya koordinasi Kapolres Jakarta Pusat agar massa buruh KASBI membuka lajur untuk bisa dilintasi kendaraan," demikian tweet dari Polda Metro Jaya.

Dari keterangan yang dihimpun, estimasi peserta demonstrasi berjumlah 10 ribu orang. Ada sejumlah hal yang dituntut oleh massa KASBI tersebut.

"Cabut PP 78/2015 tentang Pengupahan, tolak upah sektor padat karya di bawah upah minimum, lawan sistem pemagangan, naikkan upah 31 persen," ujar Ketua Umum KASBI Nining Elitos dalam keterangan yang diterima Liputan6.com.

Konfederasi KASBI juga menyuarakan tuntutan dan program perjuangan yang diyakini akan memberikan kedaulatan dan kesejahteraan bagi kaum buruh dan rakyat Indonesia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.