Sukses

Hasto: Kultur PDIP Turun ke Bawah Harus Dipelihara

PDIP ditegaskan memiliki pengalaman politik yang selalu dekat dengan rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan elite partainya untuk menjaga dan pelihara kultur partai yang selalu turun ke bawah dan menyapa masyarakat. Karena itu, harus ada perhatian khusus terhadap pengurus tingkat ranting.

"Kultur PDIP adalah bergerak ke bawah dan berada di tengah masyarakat," ucap Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan pembekalan di acara Training of Trainer (TOT) PDIP Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung di Palembang, Minggu (29/10/2017).

Hasto memaparkan, PDIP memiliki pengalaman politik dekat dengan rakyat. Sejak kepemimpinan Bung Karno era perjuangan kemerdekaan hingga saat mendirikan Partai Nasional Indonesia 1927, era kepemimpinan Megawati Soekarnoputri masa Orde Baru hingga kini Presiden Jokowi selalu turun ke bawah dan menyapa masyarakat.

Karena itu, Hasto mengimbau para kader termasuk para saksi yang akan turun di pilkada harus tampil percaya diri dan mampu membuka komunikasi aktif dengan semua pihak.

"Saksi PDIP yang terjun di pilkada diharapkan memiliki disiplin dan militansi yang tinggi dan menguasai ketrampilan teknis mengenai pemilu," pinta Hasto.

Sekitar 250 peserta TOT akan diterjunkan PDIP dalam sejumlah pilkada di wilayah Sumatera Selatan. Ketua DPD PDIP Sumatera Selatan Giri Ramanda N Kiemas bersama Arteria Dahlan juga ikut memberi materi.

Hasto mengingatkan peserta dan pengurus PDIP dari empat provinsi agar tidak terjebak dalam pilkada yang hanya mempersoalkan elektabilitas dan figur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kehormatan Partai

"Bagi PDIP, pilkada justru soal kehormatan partai dan bagaimana mewujudkan semangat gotong royong di pilkada," kata Hasto.

Hasto meminta para peserta itu untuk mampu memberikan penjelasan atas berbagai isu aktual yang dikaitkan dengan PDIP. Termasuk mampu menjelaskan program Pemerintahan Jokowi secara gamblang agar masyarakat tidak begitu saja menerima hasil survei.

"Kader dan struktur PDIP diharapkan untuk mampu berdialog dan meyakinkan masyarakat,. Sebab politik adalah soal keyakinan," ujar Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.