Sukses

Rayakan Bulan Perkotaan, Kementerian PUPR Gelar Pameran Foto

Liputan6.com, Jakarta Bertepatan dengan Bulan Perkotaan atau dikenal dengan Urban October, yang ditandai dengan perayaan Hari Habitat Dunia pada setiap hari Senin Pertama bulan Oktober dan Hari Kota Dunia yang dirayakan setiap tanggal 31 Oktober, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar pameran foto yang bertema "Mewujudkan Kota yang Ramah Bagi Semua" di Taman Ayodya, Jakarta Selatan, Sabtu (28/10/2017).

Pameran foto tersebut merupakan kelanjutan dari lomba foto yang diselenggarakan Kementerian PUPR pada 1 Januari - 15 Oktober 2017. Lomba foto diikuti oleh 735 peserta dari seluruh lapisan masyarakat umum yang menghasilkan sebanyak 3.264 foto.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam sambutan yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Lana Winayanti, mengatakan bahwa lebih dari setengah jumlah penduduk dunia tinggal di perkotaan, yang artinya dunia telah bertransformasi menjadi planet kota.

Bahkan, setahun yang lalu, dunia telah menyepakati Agenda Baru Perkotaan (NUA) sebagai landasan bagi pembangunan perkotaan yang menekankan pengelolaan urbanisasi menjadi sebuah peluang dalam pembangunan di masa depan dan bukan menjadi masalah bagi kota.

"Untuk itu, saya berharap melalui pameran foto hari ini, makna kota yang ramah bagi semua dapat dipahami dan terus dikembangkan dan dijaga oleh semua pemangku kepentingan sehingga kita dapat bersama-sama mendapatkan solusi untuk menyediakan hunian yang layak dan terjangkau, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah," ujar Basuki.

Upaya tersebut sejalan dengan Nawa Cita Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui ketersediaan permukiman layak huni.

Menurut Basuki, agenda baru perkotaan menempatkan perumahan sebagai inti dari pembangunan perkotaan yang inklusif dan berkelanjutan, mendorong inisiatif penciptaan hunian untuk seluruh kalangan, khususnya MBR dengan penyediaan ruang terbuka, infrastruktur, dan pelayanan dasar yang layak.

Pendekatan yang terintegrasi dan holistik dalam perumahan akan berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan.

"Kami berharap, terutama kepada rekan-rekan di pemerintahan untuk dapat menangkap pesan pesan yang muncul dari foto-foto ini, sebagai masukan dalam penentuan kebijakan pembangunan kota. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada para peserta Lomba Foto yang telah memberikan perhatiannya kepada permasalahan yang ada disekitar perumahan dan perkotaan," ucap Basuki.

Dalam lomba foto, tim juri terdiri dari Hariyanto, Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia, Hermanus Prihatna, Kepala Divisi Pemberitaan Foto Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, dan Lukman Hakim, Sekretaris Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR. Berikut adalah para juara lomba fotonya.

Juara 1 : Giri Wijayanto, Yogyakarta

Juara II : Arief Adhari, Jakarta Selatan

Juara III : Ismail Abdul Muthalib, Bekasi

Juara Harapan 1 : Aceng Sofian, Bandung

Juara Harapan 2 : Afrianto Silalahi, Riau

Juara Harapan 3 : Aris Jonekson, Bogor

Juara Harapan 4 : Benny Agus Sugede, SoloJ

uara Harapan 5 : Budi Prasetyo, Banjarnegara

Foto yang disertakan dalam lomba juga dapat dinikmati melalui akun media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter dengan kata kunci Dari Balik Lensa. Turut hadir dalam acara tersebut, Pakar Perkotaan Hendro Pranoto Suselo, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Sesditjen Cipta Karya Rina Agustin Indriani, Sesditjen Penyediaan Perumahan Lukman Hakim, Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Ditjen Cipta Karya Dwityo Akoro Soeranto, dan Direktur Pembangunan Jalan, Ditjen Bina Marga Ahmad Gani Ghazali Akman.

 

 

(*)