Sukses

Perangi Narkoba, Polres Jakarta Selatan Sosialisasi Aplikasi Qlue

Menurut Vivick, kerja sama dengan masyarakat itu dapat membantu membersihkan wilayah setempat dengan adanya narkoba.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan melibatkan masyarakat untuk mempersempit ruang gerak pengguna ataupun pengedar narkoba. Polisi pun menyosialisasi aplikasi qlue kepada masyarakat, salah satunya di Kelurahan Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Vivick Tjangkung menyatakan, program pelibatan masyarakat ini dibentuk karena rentannya masyarakat dalam penyalahgunaan narkoba.

"Kami menyadari anggota Polres Jakarta Selatan untuk menangani narkoba sangat minim, jadi keikutsertaan masyarakat itu penting," ucap Vivick di Jakarta Selatan, Sabtu (28/10/2017).

Menurut Vivick, kerja sama dengan masyarakat itu dapat membantu membersihkan suatu wilayah dari narkoba. Apalagi komunikasi menggunakan smartphone sudah menjadi kebutuhan masyarakat sekarang ini.

Dia menuturkan, pelaporan melalui aplikasi qlue ini mempermudah dan mempercepat pelaporan akan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar.

"Saya berharap kita bekerja sama-sama untuk gelorakan wilayah kita bersih dari narkoba," ujar dia.

Usai adanya sosialisasi ini, setiap wilayah akan diberikan spanduk sebagai tanda wilayah tersebut benar-benar bersiap untuk memberantas narkoba.

"Paling tidak, jaringan narkoba enggak mau masuk di wilayah ini, sehingga kita berantas narkoba bersama," jelas Vivick.

Qlue adalah aplikasi media sosial yang berfungsi menghubungkan sesama warga, mempermudah jalur laporan ke pemerintah, memantau keadaan kota, hingga menyalurkan aspirasi ke pelayanan pihak swasta.

Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan beberapa pemerintah daerah terkait tindak lanjut laporan warga. Hingga kini kota-kota yang telah menjadi mitranya antara lain DKI Jakarta, Manado, Probolinggo, dan Kota Bima.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.