Sukses

Qlue Jadi Aplikasi Pelaporan Penyalahgunaan Narkoba Polres Jaksel

Melalui aplikasi Qlue, Polres Jakarta Selatan sudah menerima 30 laporan penyalahgunaan narkoba.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan menggelar inspeksi mendadak (sidak) mengenai penyalahgunaan narkoba di kawasan Pasar Manggis, Setiabudi. Sidak yang telah dilaksanakan ini, berasal dari pelaporan masyarakat melalui aplikasi Qlue.

"Iya sidak ini dari laporan masyarakat melalui aplikasi Qlue," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung kepada Liputan6.com di Jakarta Selatan, Sabtu (28/10/2017).

Dia menerangkan, sejak terbentuk kerja sama dengan Qlue selama setahun dua bulan ini, Polres Jakarta Selatan sudah menerima 30 laporan. Satu dari laporan itu juga pernah pula dikembangkan di luar Jakarta Selatan.

Saat diproses, rata-rata pelapor melaporkan pengguna obat-obat terlarang. Mayoritas penyalahgunaan narkoba itu terjadi di Kecamatan Jagakarsa.

"Salah satunya pernah dikembangkan, awalnya masuk 0,24 gram sabu. Kita lakukan pengembangan dan mengarah ke Jakarta Timur dan ditemukan 1 ons sabu," papar Vivick.

Polres Metro Jakarta Selatan pun bekerja sama polres ataupun polsek lainnya di Ibu Kota dalam menindaklanjuti laporan tersebut. Sehingga, pemberantasan penyalahgunaan narkoba tersebut optimal.

"Kita lidik secara tertutup, dari laporan yang kita terima langsung diproses, Hasil prosesnya juga langsung diberikan kepada pelapor," jelas Vivick.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sidak di Kawasan Pasar Manggis

Polres Metro Jakarta Selatan melibatkan masyarakat untuk mempersempit ruang gerak pengguna ataupun pengedar narkoba. Polisi pun menyosialisasi aplikasi Qlue kepada masyarakat, salah satunya di Kelurahan Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Vivick Tjangkung menyatakan, program pelibatan masyarakat ini dibentuk karena rentannya masyarakat dalam penyalahgunaan narkoba.

"Kami menyadari anggota Polres Jakarta Selatan untuk menangani narkoba sangat minim, jadi keikutsertaan masyarakat itu penting," ucap Vivick di Jakarta Selatan.

Menurut Vivick, kerja sama dengan masyarakat itu dapat membantu membersihkan suatu wilayah dari narkoba. Apalagi komunikasi menggunakan smartphone sudah menjadi kebutuhan masyarakat sekarang ini.

Dia menuturkan, pelaporan melalui aplikasi Qlue ini mempermudah dan mempercepat pelaporan akan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.