Sukses

Rupa-Rupa Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Fokus Indosiar, Purwodadi - Bermacam-macam kegiatan digelar masyarakat di berbagai daerah di Indonesia untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengingatkan masyarakat agar tetap memegang teguh nilai-nilai persatuan.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Sabtu (28/10/2017), sejumlah gadis yang tergabung dalam Komunitas Model asal Purwodadi, Jawa Tengah turun ke jalan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Mereka memasang pita merah putih ke kendaraan atau tangan pengendara. 

Pemasangan pita ini sebagai wujud rasa nasionalisme. Tidak hanya memasang pita, para model yang sengaja menggunakan pakaian adat daerah di Indonesia itu juga berjalan bak model dunia dengan menggunakan zebra cross sebagai panggungnya.

Usai beraksi, para model bersama organisasi kepemudaan yang memprakarsai acara, kemudian mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Sukoharjo, Jawa Tengah digelar belasan mahasiswa bersama pensiunan guru, sekaligus pegiat seni dengan menggelar aksi pembacaan puisi di bawah patung perjuangan.

Sementara di Bogor, Jawa Barat, sebanyak 15 ribu pelajar SD, SMP hingga SMA di Kota Bogor membacakan teks Pembukaan UUD 1945, Pancasila dan Sumpah Pemuda secara serentak di Stadion Pajajaran, Kota Bogor.

Diharapkan dengan mengucapkan sejumlah teks tersebut, para pelajar bisa menjalin persatuan tanpa memandang perbedaan.

Pengucapan massal ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atau MURI sebagai pengucapan bersama tanpa teks oleh siswa terbanyak.

Sementara kompetisi sepak bola antarsekolah sepak bola atau SSB se-Jawa Tengah dan Yogyakarta digelar untuk meramaikan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Meski mereka baru berusia antara 10-15 tahun, namun semangat dalam bermain sepakbola terlihat sangat kuat. Melalui kompetisi ini anak-anak diharapkan mampu menumbuhkan rasa persatuan dan sportivitas dalam kehidupan sehari-hari.