Sukses

Sekjen PDIP: Sumpah Pemuda Fakta Autentik Tonggak Kesatuan

Karena itu juga, kata Hasto, PDIP menempatkan Sumpah Pemuda dalam semangat kepeloporan pemuda Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh hari ini, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya menempatkan Sumpah Pemuda sebagai tonggak kesatuan dan persatuan Indonesia.

"Sumpah Pemuda hadir sebagai fakta paling autentik, bagaimana Indonesia yang begitu beragam, disatukan dalam satu kesadaran sebagai satu bangsa. Karena itulah sebuah kemunduran bagi sebagian kelompok orang yang kini mencoba menutupi semangat Indonesia satu tersebut," kata Hasto di Jakarta, Sabtu (28/10/2017).

Dia menjelaskan, semangat Indonesia untuk semua, yang melintasi paham suku, agama, etnisitas, gender, dan status sosial adalah fondasi yang paling penting bagi kokohnya Indonesia raya, yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Karena itu juga, kata Hasto, PDIP menempatkan Sumpah Pemuda dalam semangat kepeloporan pemuda Indonesia  untuk menjadi tenaga penggerak progresif guna mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaya saing.

"PDIP secara khusus merayakan Sumpah Pemuda tersebut di Bandung, tempat persemaian nasionalisme kebangsaan, dan sekaligus tempat kepeloporan Indonesia di dalam membangun persaudaraan antarbangsa melalui Konferensi Asia Afrika tahun 1955," ujar dia.

Hasto menambahkan, PDIP membuka ruang ekspresi bagi kaum muda Indonesia untuk terlibat aktif di politik.

Ia mengatakan, regenerasi kepemimpinan bangsa terus dilakukan secara sistemik, yakni regenerasi yang memadukan kepemimpinan yang kokoh dalam prinsip setia pada ideologi Pancasila.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencetak Kepala Daerah Muda

Para pemuda pelopor, sebut Hasto, disiapkan PDIP dari jenjang pemimpin partai, atau jenjang pemerintahan dari kepala daerah tingkat kabupaten kota, provinsi, hingga menjadi pemimpin nasional.

"Termasuk Presiden sekalipun, sebagaimana terjadi dengan kepemimpinan Bapak Jokowi," sebut dia.

PDIP, imbuh dia, merupakan partai yang memiliki kepala daerah yang paling banyak diisi generasi muda yang berprestasi, seperti Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Ada juga Emil Dardak Bupati Trenggalek, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Dharmasraya, Mardani Bupati Tanah Bumbu, Benedictus Tambonop Bupati Boven Digoel, I Nyoman Giri Prasta, Bupati Badung, dan lain-lain.

"Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89. Kita buktikan bahwa kaum muda Indonesia adalah satu. Satu semangat untuk Indonesia raya," ucap Hasto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.