Sukses

Ketum GP Ansor: Makna Sumpah Pemuda, Keberagaman Kekuatan Bangsa

Dia meminta, pemuda generasi penerus bangsa, harus selalu mengingat dan menghidupi semangat yang terkandung di dalam Sumpah Pemuda.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Hari Sumpah Pemuda yang jatuh 28 Oktober, memberi makna mendalam.

Menurut dia, makna pentingnya yakni keberagaman dan kebinekaan adalah kekuatan bangsa Indonesia.

"Inilah makna penting yang terkandung di dalam Sumpah Pemuda. Keberagaman adalah kekuatan, kebinekaan adalah senjata untuk mengalahkan penindasan," ucap pria yang akrab disapa Gus Yaqut dalam acara Kemah Pemuda dan Soft Launching Kirab Satu Negeri, di Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Dia meminta, pemuda generasi penerus bangsa, harus selalu mengingat dan menghidupi semangat yang terkandung di dalam Sumpah Pemuda. Hal ini diperlukan, terutama untuk membangun bangsa.

"Bersama-sama membangun Indonesia, menjaga berdiri tegaknya Indonesia dengan keberagaman yang kita miliki, dengan kebinekaan yang menjadi sunatullah bagi kita semua," ucap Gus Yaqut.

Kebinekaan, kata Gus Yaqut, telah menjadi takdir bangsa Indonesia. Sehingga Indonesia harus dijaga dan ditegakkan sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

Di samping itu, dia melanjutkan, Sumpah Pemuda memberi makna bahwa yang mayoritas memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi minoritas.

Dia menjalaskan, meski dulu suku Jawa mayoritas, namun karena berangkat pada satu tekad yang sama, mau mengalahkan egoisme kesukuan, disepakatilah bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, bukan bahasa Jawa.

"Begitu juga, meski mayoritas bangsa Indonesia adalah beragama Islam, namun para pemuda juga bersepakat tentang Tanah Air Indonesia, bukan Tanah Air Islam Indonesia," tandas Gus Yaqut.

Saksikan Video Pilihan di bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.