Sukses

Satai Kere Masuk Daftar Menu Pernikahan Kahiyang dan Bobby

Ini dia, satai kere atau satai miskin, yang akan masuk daftar menu makanan di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Fokus, Solo - Berbagai hal terkait pernikahan Kahiyang Ayu, Putri Presiden Jokowi dengan Bobby Nasution, menjadi daya tarik khalayak termasuk kuliner yang akan disajikan. Salah satunya adalah satai kere yang rencananya akan dipesan 4 ribu porsi dari salah satu pedagang di Kota Solo.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (27/10/2017), satai kere bukan makanan asing bagi masyarakat Kota Solo, Jawa Tengah. Disebut satai kere atau miskin, karena satai ini tidaklah menggunakan daging seperti pada umumnya. Satai kere adalah makanan yang terbuat dari ampas tahu atau kerap disebut tempe gembus. Ada pula jeroan sapi seperti kikil, usus, babat, ginjal dan tetelan serta tempe kedelai.

Namun, kini satai kere naik kelas dan menjadi makanan favorit bagi semua kalangan. Kuliner ini pun dipilih menjadi salah satu menu dalam pesta pernikahan putri Presiden yang akan digelar pada 8 November mendatang. Adalah Yu Ngatmi salah satu pedagang satai kere yang ketiban rezeki mendapatkan pesanan empat ribu porsi untuk acara pernikahan putri Presiden.

Untuk menyiapkan pesanan ribuan porsi satai, Ngatmi membutuhkan waktu persiapan selama lima hari. Mulai dari menyiapkan bumbu, tusuk, hingga menyiapkan satai kere yang telah siap saji saat perhelatan berlangsung.

Untuk satu porsi yang disajikan, terdiri atas sembilan tusuk satai kere yang disiram dengan sambal kacang dan lontong. Meski hanya pedagang kaki lima (PKL), usaha yang ditekuni Ngatmi biasa digandeng katering Chilli Pari milik putra Presiden, Gibran Rakabuming Raka.