Sukses

Satu Korban Longsor Dipastikan Tewas

Gito Tanoyo, korban longsor di Gunung Kidul, DIY, dipastikan tewas. Korban ditemukan di balik bebatuan besar.

Liputan6.com, Gunung Kidul: Gito Tanoyo, korban longsor di Dusun Mundong Tancep, Kecamatan Ngawen, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (3/1), dipastikan tewas. Jenazah pria berumur 80 tahun itu ditemukan dalam kondisi mengenaskan.

Evakuasi korban longsor dilakukan tim SAR sejak pagi hari. Mereka menyisir rumah Gito yang tertimbun berbagai material longsoran. Selang beberapa jam, jenazah ditemukan di balik bebatuan besar.

Hingga saat ini 24 kepala keluarga diungsikan di SD Burikan Cawas. Selain menewaskan seorang warga, musibah ini menimbun empat rumah dan merusak bangunan lainnya [baca: Longsor Timbun Empat Rumah].

Di Pacitan, Jawa Timur, puluhan kepala keluarga di Desa Kalikuning, Kecamatan Tulakan, mengungsi. Mereka panik karena tanah di sekitar permukiman retak.

Sebagian rumah warga rusak akibat retakan tanah selebar kurang lebih lima centimeter. Musibah ini juga menimpa Sekolah Dasar Negeri Kalikuning 4 Pacitan. Karena kondisinya parah, para siswa diliburkan.

Keretakan tanah diduga terjadi akibat longsornya tanah perbukitan sekitar. Dari pantauan SCTV, ada puluhan titik retakan tanah di areal seluas 150 hektare. Dinas Sosial Pacitan mencatat sekitar 70 kepala keluarga mengungsi ke tempat yang lebih aman. (WIL/Vin)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini