Sukses

JK Ledek Sandiaga Uno soal Sepatu Pantofel

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno mendatangi Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK. Keduanya berjalan dari Balai Kota, lewat halaman depan, menuju Istana Wakil Presiden yang letaknya bersebelahan.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (26/10/2017) Anies dan Sandi mengenakan baju sadariah atau pakaian khas Betawi, warna putih dengan sarung hijau.

JK yang mengunakan baju batik merah menyambut keduanya. Dalam kesempatan itu, JK langsung menanyakan sepatu yang dikenakan Sandi.

"Sepatunya apa?" tanya JK.

Sandi pun lantas menjawab seraya tertawa, "Aman, Pak, aman. Sesuai Pergub."

JK menanyakan hal yang sama kepada Anies. "Pak Anies gimana?" tanya JK lagi.

Anies pun langsung menunjukan sepatu pantofelnya di hadapan Jusuf Kalla. Usai berbasa-basi, mereka langsung mengadakan pertemuan tertutup.

Polemik sepatu pantofel berawal dari gaya Wakil Gubernur Sandiaga Uno yang kerap menggunakan sepatu kets saat datang ke Balai Kota. Sandi juga menabrak aturan dengan menggunakan sepatu kets saat mengenakan seragam dinas.

Sandi mengaku tak tahu ada aturan wajib menggunakan pantofel saat mengenakan pakaian dinas. "Enggak boleh? Iya ini pantofel model yang bisa dipakai jalan," kata Sandi beberapa waktu lalu.

Berdasarkan Pergub No 23 Tahun 2016, bagian kedua pasal tiga, pakaian dinas harians (PDH) wajib dilengkapi ikat pinggang nilon hitam, dengan lambang berbahan kuning dengan lambang jaya raya. Sementara, kaus kaki harus berwarna hitam, dipadu dengan sepatu warna yang sama dengan model pantofel.

 

1 dari 2 halaman

Sepatu Pantofel JK

Jusuf Kalla pun punya cerita sendiri soal sepatu pantofel. Di hari pelantikannya sebagai Wakil Presiden pada 20 Oktober 2014, JK mengenakan sepatu produk dalam negeri buatan Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat.

Saat menjadi wapres tahun 2009 lalu, ia juga sudah mengunjungi sentra sepatu tersohor di Bandung itu. Bahkan ia merelakan namanya dijadikan merek sepatu, JK Collection.

Di masa kampanye Pilpres 2014, ia juga kembali mengunjungi kawasan Cibaduyut. Sepatu pantofel dengan harga Rp 250 ribu menjadi favoritnya.

Tak hanya JK, ternyata Joko Widodo juga punya toko sepatu langganan di Cibaduyut. Sejak setahun lalu, Jokowi memesan sepatu kulit model casual dengan sol karet seharga Rp 468.900 dari sentra sepatu di Bandung itu.

Saksikan video di bawah ini:

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Jusuf Kalla
  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan
  • Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno