Sukses

Cari Solusi Masalah PKL, Sandiaga Tiru Cara Jokowi

Anies-Sandi mulai menangani masalah perkotaan terkait PKL.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan menggunakan pendekatan diplomasi makan siang untuk menangani permasalahan Jakarta. Ia mengaku mendapat inspirasi dari pertemuannya dengan Presiden Jokowi, Rabu, 25 Oktober 2017.

"Pak Jokowi ceritakan ke kita, bagaimana diplomasi makan," kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2017).

Metode itu ia akan terapkan untuk menangani pedagang kaki lima (PKL). Anies-Sandi mendapat protes dari pedagang kaki lima (PKL) Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, yang direlokasi ke Jalan Cengkeh. Mereka mengeluh dagangannya sepi pembeli, sehingga mengakibatkan menurunnya penghasilan pedagang.

Selain diplomasi makan, Sandi juga mencari solusi konkret. Ia akan menggandeng praktisi untuk mengkaji jumlah wisatawan dengan menggunakan kemajuan teknologi.

Sandi mengatakan ingin mengetahui bagaimana pola kunjungan wisatawan di sana. Dengan begitu, Pemprov dan PKL bisa bersama-sama meningkatkan kunjungan di kawasan itu.

"Karena baru dilaporkan, saya sama Pak Anies akan melihat lagi semua laporan," ujar Sandi.

Pendekatan diplomasi makan siang juga akan diterapkan pada PKL di Kawasan Tanah Abang. PKL yang semrawut kerap jadi masalah di sana. Sandi beralasan, penggusuran bukanlah solusi utama.

"Solusi adalah duduk bersama. Kita jangan berpretensi kita tahu semuanya," ucap Sandi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertibkan PKL

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bakal menertibkan PKL yang kembali memenuhi trotoar Tanah Abang yang telah dilebarkan Pemprov DKI.

"Nanti kita beri solusinya, tentu harus ada penertiban, tapi nanti saya cek," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Namun, Anies sempat meragukan bahwa foto yang memperlihatkan ruwetnya Tanah Abang adalah foto terbaru kondisi di salah satu pusat perdagangan Ibu Kota itu.

"Itu fotonya tanggal berapa ya? Karena fotonya kok sama dengan yang di bulan Mei dan kemarin. Rasanya agak unik, tuh," ucapnya.

Sehari sebelumnya, Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan menertibkan PKL di kawasan Tanah Abang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.