Sukses


MPR RI Gelar Media Expert Meeting Bahas Publikasi Program MPR

Liputan6.com, Jakarta Peran media massa sebagai lini terdepan sumber informasi rakyat sangat penting di era informasi dan keterbukaan publik. Peran media dalam menyuarakan berbagai program pemerintah terbilang sangat efektif.
 
Bukan hanya pemerintah, lembaga-lembaga negara termasuk MPR RI menggandeng media massa nasional dalam menyuarakan program-programnya ke seluruh lapisan masyarakat.
 
Sosialisasi Empat Pilar MPR adalah salah satu program utama MPR sesuai amanah UU No.17 Tahun 2014 tentang MD3.  Penyampaian informasi yang tepat tentang program tersebut adalah salah satu yang utama faktor keberhasilan program.  Disinilah kiprah media berperan.
 
Untuk  mengharmonisasikan peran media dalam menyuarakan program-program MPR, Biro Humas Setjen MPR, Selasa (24/10), di Menteng, Jakarta Pusat menggelar acara Media Expert Meeting dengan tema sentral "Peran Media Monitoring".
 
Acara yang dihadiri Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah, Kepala Bagian Pemberitaan,  Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Rharas Esthining Palupi  dan Kepala Sub Bagian Pemberitaan Budi Muliawan  mendapat respon dari 25 peserta perwakilan media massa nasional baik cetak, online dan elektronik.
 
Di awal acara, Kasubag Pemberitaan Budi Muliawan mengungkapkan bahwa poin sentral diskusi yang dibahas adalah sangat penting yakni diskusi tentang penguatan MPR yang dikaitkan dengan media monitoring.
 
"Artinya fungsi dari media massa sebagai partner MPR sangat luar biasa.  Efektifitas peran media massa dalam menginformasikan program-program MPR sampai ke masyarakat di seluruh wilayah Indonesia sangat terasa.  Kolaborasi luar biasa MPR dan media massa mesti dijaga, dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya saat ini dan di masa datang," terangnya.
 
Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah dalam kesempatan itu juga mengatakan bahwa inti digelarnya media expert meeting adalah untuk berdiskusi mendapatkan masukan, ide dan gagasan seputar efektifitas, ketepatan, kualitas dan kecepatan penyampaian infomasi atau publikasi program-program MPR kepada masyarakat luas.
 
"Saya melihat hamonisasi hubungan baik antara MPR dan media massa nasional sangat baik sampai saat ini dan saya harapkan harmonisasi ini bisa kita bangun dan pertahankan seterusnya," ujarnya.
 
Di saat yang sama Kabag Pemberitaan, Hublem dan Layanan Informasi, Rharas Esthining Palupi mengatakan, hubungan baik antara MPR dan media massa sudah terjalin lama terkait publikasi program-program MPR untuk rakyat.
 
"Kami Humas MPR ingin menjaga hubungan baik dan pola kemitraan terkait publikasi dengan media massa nasional.  Disamping itu, masukan, gagasan, ide yang membangun sangat kami harapkan untuk meningkatkan kualitas penyampaian publikasi program-program MPR," tandasnya.
 
Beberapa masukan muncul dari peserta.  Diantaranya sebagian besar menyampaikan, program Sosialisasi Empat Pilar MPR dengam metode penyampaiannya sudah sangat bagus. Namun, ada baiknya MPR lebih meningkatkan metode penyampaian menyasar ke kalangan anak muda 'jaman now' dengan variasi bentuk yang nyaman diterima anak muda era kekinian contohnya dengan stand up comedy, film, animasi, dan games digital.
 
Usai diskusi  diadakan survey eksternal terkait Reformasi Birokrasi sebagai bentuk apresiasi dan penilaian dari Kemenpan terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi khususnya layanan publik di MPR. Acara media expert meeting sendiri diakhiri dengan ramah tamah.
Artikel Selanjutnya
Sekjen MPR RI Mengapresiasi Pegawai MPR dan Media di Rakernis
Artikel Selanjutnya
Penguatan Lembaga Legislatif Terus Dilakukan