Sukses

PDIP: Kontestasi Gagasan Jadi Titik Sentral di Pilkada Jabar

PDIP ingin agar para calon pemimpin Jawa Barat tidak melupakan budaya dan kekayaan alamnya.

Liputan6.com, Bandung - PDIP kembali bikin terobosan dalam menyemarakkan Pilkada 2018. Kali ini partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini menggelar forum curah gagasan untuk mempertemukan para calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan intelektual hari ini di Bandung.

"Dialog dengan seluruh calon dalam satu forum yang dihadiri para tokoh masyarakat Jawa Barat sangatlah penting. Politik bukan hanya berkompetisi, namun Politik juga membuka ruang kerja sama guna membangun peradaban bangsa,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat membuka forum silaturahmi ini, Bandung, Rabu (25/10/2017).

Menurut dia, acara curah gagasan ini merupakan ide dan gagasan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang ingin agar para calon pemimpin Jawa Barat tidak melupakan budaya, kekayaan alam serta potensi lumbung pangannya seperti yang selalu disampaikan Bung Karno.

"Kontestasi gagasan terkait dengan politik pemerintahan, politik anggaran, legislasi, politik pangan, tata ruang, dan politik kebudayaan harus menjadi titik sentral pembahasan dalam pilkada. Sebab pilkada adalah jalan membangun masa depan yang lebih baik,” kata Sekjen PDI Perjuangan ini.

Gambaran tentang politik kebudayaan yang berpijak pada karakter bangsa Indonesia juga ditekankan oleh Hasto.

"Di masa lalu, proses modernisasi mengikis masyarakat agraris dengan seluruh ekspresi kebudayaannya. Sungai-sungai menjadi terancam, penuh limbah, dan pembangunan minim perencanaan tata ruang. Dampaknya, keindahan alam Jawa Barat terkikis oleh hutan beton yang merombak panorama negari parahyangan," papar Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemimpin Visioner

PDIP berharap agar pilkada melahirkan pemimpin visioner yang membumi ada problematika rakyat, dan dengan kepemimpinannya mampu meretas jalan kemajuan yang bertumpu pada jati diri bangsa.

Hasto hadir didampingi Wakil Sekjen DPP PDIP Bidang Kerakyatan Eriko Sotarduga. Sedangkan jajaran DPD PDIP selaku tuan rumah yang hadir di antaranya Ketua DPD PDIP Jabar TB Hasanuddin dan bendahara partai Waras Wasisto.

Adapun Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jabar Abdi Yuhana menjadi salah satu bakal calon yang ikut dalam Curah Gagasan. Selain Abdi Yuhana, yang hadir menyampaikan gagasan dalam acara tersebut yakni Wagub Jabar Deddy Mizwar, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Sekda Jabar Iwa Karniwa, mantan kapolda Jabar Anton Charliyan, dan Puti Guntursoekarno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.