Sukses

Sandiaga Ingin Pembangunan Stadion Persija Pakai Dana Swasta

Dengan memanfaatkan kerja sama swasta, lanjut dia, maka pembangunan dan perawatan stadion itu tidak akan membebani anggaran DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan membentuk tim khusus untuk mengawal pembangunan Stadion BMW untuk Persija. Sandi mengaku sudah memiliki konsep khusus untuk pembangunan stadion bagi Persija. Namun, Sandi tak ingin terburu-buru mengungkapkan konsepnya.

"Kami tidak ingin terburu-buru. Kami buka prosesnya. Beberapa minggu ke depan kami akan tentukan skemanya seperti apa," kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Senin, 23 Oktober 2017.

Sandi berencana membangun stadion itu melalui kerja sama dengan pihak swasta.

"Seandainya ini bisa digagas dalam bentuk kemitraan pemerintah dan badan usaha akan sangat baik," kata Sandi.

Dengan memanfaatkan kerja sama swasta, lanjut dia, maka pembangunan dan perawatan stadion itu tidak akan membebani anggaran DKI.

"Bukan hanya pembangunannya yang memggunakan dana swasta, tapi juga nanti perawatannya, kalau tidak kami khawatir beban pada APBD," kata Sandi.

Selain itu, Sandi ingin mengubah desain stadion menjadi lebih terkini. Sebab, saat ini desain yang digunakan adalah desain tahun 2009. Terkait pembangunan itu, Sandi menerima masukan dari banyak pihak. Salah satunya dari para petinggi Persija.

"Kemarin masukan menarik sekali dari petinggi Persija. Termasuk Pak Gede, dan juga bung Fery dan Jakmania menginginkan sebetulnya tidak terburu-buru," terang Sandi.

Anies-Sandi sebelumnya menhgatakan punya keinginan membangun Stadion BMW dan fasilitas dan pengalaman menonton sekelas Old Trafford di Inggris.

"Yang kita cari experience datang ke stadion yang nggak pernah bisa tergantikan. Saya juga pernah hadir di beberapa pertandingan beberapa negara, kalau kita bagian dari pertandingan itu sangat menarik," tutup Sandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Stadion Internasional

Sebelumnya, perwakilan dan Pengurus Pusat (PP) The Jakmania menantang calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk tetap membangun Stadion Persija, meski dia tak terpilih di Pilkada DKI.

Tantangan itu diterima Sandiaga. Dia berjanji akan membangun Stadion Persija bertaraf internasional dengan rumput layaknya di Old Trafford (Inggris), milik tim sepakbola Manchester United.

"Bangkunya dapat menampung 75 ribu orang dan rumputnya seperti stadionnya Manchester United. Ini adalah komitmen kami (Anies-Sandiaga) karena Persija merupakan klub tertua sepakbola," ujar Sandiaga di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu 4 Januari 2017.

Saat berkeliling di 1.000 titik Jakarta, Sandiaga mendengar kerinduan warga atas kehadiran stadion Persija. Dia pun akan menyanggupi permintaan hal tersebut.

"Kalau ditantang seperti itu, saya jadi atau tidak jadi wakil gubernur, akan tetap membangun stadion. Insya Allah saya sudah punya komitmen kalau tim hukum saya bisa kasih solusi, duduk bersama agar lahan itu (lahan Taman BMW) bisa dibuat sebagai Stadion Persija," ujar Sandiaga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.