Sukses

3 Puting Beliung Menerjang Kepulauan Seribu

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca ekstrem melanda Jakarta. Tercatat, ada tiga angin puting beliung yang menerjang perairan Kepulauan Seribu DKI Jakarta.

"3 puting beliung muncul bersamaan di perairan Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Alam sudah berubah. Cuaca ekstrem makin meningkat," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho‏ di akun twitter-nya, @Sutopo_BNPB, Senin (23/10/2017).

Menurut dia, puting beliung itu berputar membentuk pusaran seperti tornado. "Puting beliung berbentuk seperti tornado muncul di Laut Jawa sekitar Kepulauan Seribu. Tidak ada korban jiwa," kata Sutopo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta mengungkap, angin puting beliung itu menerjang wilayah Kepulauan Seribu sekitar pukul 09.00 WIB. Tepatnya di daerah Pulau Karang Lebar, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Menurut Sekretaris Kelurahan Pulau Harapan setelah dikonfirmasi oleh Tim Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, sekitar pukul 09.00 WIB cuaca di wilayah Kepulauan Seribu mendung tebal dan terlihat 2 pusaran angin yang menuju ke antara Pulau Opak dan Pulau Kaliage kemudian pusaran angin tersebut mengarah ke Pulau Karang Besar," tulis tim BPBD DKI di laman resminya.

Tidak ada korban jiwa dan kerusakan rumah dalam kejadian tersebut. Sebab, Pulau Karang Lebar merupakan pulau yang tak berpenghuni, namun sebagian pepohonan di pulau tersebut mengalami kerusakan akibat diterjang puting beliung.

Saksikan video pilihan di bawah ini: