Sukses

Menko PMK Tinjau Infrastruktur Persiapan Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta Gelaran Asian Games 2018 kurang dari 10 bulan lagi. Guna memastikan kesiapan infrastruktur utama, Menko PMK Puan Maharani pagi ini mengecek langsung beberapa fasilitas Asian Games 2018 di komplek Gelora Bung Karno. Turut hadir dalam kesempatan ini Ketua KONI, Mayjend (Purn) Tono Suratman; Dirjen Cipta Karya Kemen PU & PR, Sri Hartoyo; Ketua KOI/Ketua INASGOC, Erick Tohir; Sesmenpora, Gatot S. Dewabrata; Direktur Pembangunan & Pengembangan Usaha PPK GBK, dan Gatot Tetuko. Turut pula mendampingi Menko PMK Plt. Deputi Bidang Pemuda dan Olahraga Kemenko PMK, I Nyoman Shuida, Staf Khusus Menko PMK, Dolfie OFP; serta Tenaga Ahli Menko PMK, Sihar Sitorus.

Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi titik pertama peninjauan Menko PMK. Stadion dengan kapasitas 80.000 yang dibangun tahun 1960 untuk Asian Games Tahun 1962 ini memiliki sejarah penting. Di stadion inilah Asian Games ke IV pertama kali di selenggarakan di Indonesia. Saat ini renovasi sudah mencapai 90% melampaui target yang ditetapkan, yakni 89,49%. Menko PMK menjelaskan tujuan peninjauan yang dilakukannya adalah untuk melihat persiapan pembangunan infrastruktur apakah sudah sesuai dengan target.

"Tujuan peninjauan ini adalah untuk melihat persiapan menjelang Asian Games yang nanti akan dilakukan apakah sudah sesuai on schedule atau belum, dan ternyata Alhamdulillah target-target yang ditargetkan sudah sesuai dengan schedulenya dan Insya Allah pada bulan November ini pekerjaan fisik di lapangan GBK ini akan selesai", jelas Menko PMK dihadapan para awak media. Menko PMK menambahkan, kebutuhan yang berkaitan dengan Asian Paragames yang pelaksanaannya dilakukan sebulan setelah penyelenggaraan Asian Games 2018 sudah disiapkan fasilitas untuk disabilitas sehingga mereka dapat turut berpartisipasi. Kemudian pada bulan Februari nanti akan diadakan test event yang berkaitan dengan Atletik. Menurutnya banyak perubahan-perubahan signifikan terkait persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 ini.

Titik selanjutnya yang ditinjau Menko PMK bersama rombongan adalah fasilitas Bola Basket dan Stadion Madya. Disana pembangunan sudah mencapai 64,25%. Lokasi terakhir yang ditinjau Menko PMK adalah Stadion Tenis (indor). Pembangunan pada stadion tenis ini sudah mencapai progres 98,82% sesuai dengan target yang ditetapkan. Perlu diketahui, venue yang saat ini di cek oleh Menko PMK, merupakan venue yang belum di cek oleh Wapres Jufus Kalla selaku Ketua Dewan Pengarah Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC).

Terkait persentase kesiapan pembangunan fisik, Menko PMK kembali menjelaskan sudah mencapai 90%. Untuk target medali, pada kesempatan ini Menko PMK berkomitmen untuk meningkatkan prestasi para atlet. "Bagaimana nanti memperbaiki prestasi atlit. Jadi bukan targetnya dulu kita perbaiki dulu prestasinya, Insya Allah kita masih punya waktu untuk meningkatkan prestasi atlit walaupun tidak panjang sampai agustus nanti jadi kita bukan hanya sukses penyelenggaraan dan sukses venue saja tetapi sukses prestasi", Tegas Menko PMK.

 

(*)