Sukses

Jokowi Puji Keindahan Lombok

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Jumat, 20 Oktober. Kawasan wisata yang masuk dalam 10 Bali Baru ini, diresmikan setelah perencanaan pembangunannya mangkrak 29 tahun.

Dalam kesempatan ini, Jokowi memuji keindahan alam Pulau Lombok, khususnya kawasan wisata Mandalika.

"Biru air laut, debur ombak yang menghempas pantai, hamparan pasir putih dan langit yang jernih tanpa polusi. Kawasan Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini sungguh indah untuk dinikmati," puji Presiden Jokowi di akun Facebooknya, Sabtu (21/10/2017).

Pujian terhadap keindahan alam kawasan wisata Mandalika juga disampaikan secara khusus oleh Jokowi dalam vlog terbarunya yang berjudul #JKWVLOG Indahnya Mandalika.

"Sayang, 29 tahun sudah pengembangan kawasannya tak selesai-selesai karena pembebasan lahan yang tak tuntas. Kemarin, saya akhirnya meresmikan operasional Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika," tulis Jokowi lagi.

Presiden Jokowi berada di Pulau Lombok dari Kamis, 19 Oktober hingga Jumat, 20 Oktober. Banyak agenda dilakukan Presiden di Pulau Seribu Masjid itu.

Selain meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Presiden Jokowi juga membagi-bagikan sertifikat tanah dan berdialog dengan warga.

1 dari 2 halaman

Penghijaun Bukit Mandalika

Presiden Jokowi meminta Pemda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pihak International Tourism Development Corporation (ITDC) menghijaukan bukit Senek. Bukit itu terletak di tengah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, Kute, Lombok Tengah.

Penghijauan perlu dilakukan agar bukit tersebut tak terlihat gersang dan tetap sejuk dipandang. Sebab, bukit tersebut menjadi daya tarik wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan Kute Mandalika ini.

"Saya titip kepada Gubernur NTB, Bupati Lombok Tengah, Pangdam dan Danrem untuk hijaukan kawasan yang ada di sana (sambil menunjuk bukit). Ditanami biar hijau biar cantik kawasan ini," kata Jokowi saat meresmikan KEK Mandalika, Jumat (20/10/2017).

Ia mengakui banyak program penghijauan seperti penanaman ribuan bahkan jutaan pohon yang telah terlaksana sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, program penghijauan tersebut tak berhasil karena dilaksanakan saat penanaman saja tanpa perawatan.

Karena itu, Jokowi menugaskan agar seluruh pihak di bawah tanggung jawab ITDC melakukan penghijauan bukit tersebut. Bila perlu jutaan pohon akan dikirim untuk penghijauan di KEK Mandalika.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Bikin Para Wanita Mau Terbang ke Sumbawa Sekarang
Artikel Selanjutnya
Mengintip Destinasi Liburan 4 Artis Cantik Indonesia