Sukses

Polisi Amankan 2 Simpatisan ISIS di Sumatera Utara

Saat ini, kedua pria yang diduga sebagai simpatisan ISIS itu tengah diperiksa intensif di Mapolda Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Aparat kepolisian mengamankan dua orang pria yang diduga sebagai simpatisan kelompok teroris ISIS di Jalan Lintas Sumatera, Labuhan Batu, Sumatera Utara, Jumat, 20 Oktober 2017. Keduanya berinisial AL (28) dan FG (27).

Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Rina Sari Ginting membenarkan adanya penangkapan itu. Saat ini, keduanya tengah diperiksa intensif di Mapolda Sumatera Utara.

"Benar. Kedua terduga simpatisan ISIS itu digiring ke Polda Sumut pada pukul 01.00 WIB tadi, guna penyelidikan lebih lanjut," ujar Rina melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (21/10/2017).

Rina menuturkan, kedua pelaku mengaku sebagai simpatisan ISIS sejak 2014 sampai sekarang. Keduanya juga mengaku sebagai pengagum dua tokoh kelompok radikal yang kini ditahan atas kasus terorisme, yakni Abu Bakar Ba'asyir dan Aman Abdurrahman.

"Keduanya mendukung ISIS karena banyak menonton TV dan YouTube, dan juga membaca buku-buku yang berhubungan dengan ISIS," kata dia.

Polisi juga telah menggeledah rumah FG di Kelurahan Perdamean, Rantau Selatan, Labuhanbatu, Sumatera Utara. Dari rumah itu, polisi menyita barang bukti berupa poster dengan tulisan "Khilafah Islamiyah" dan sejumlah buku tentang agama dan jihad.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.