Sukses

Beredar Pesan Pembuatan E-KTP di TMII, Begini Penjelasan Dukcapil

Liputan6.com, Jakarta - Netizen dihebohkan pesan berantai di media sosial terkait cetak langsung blanko KTP elektronik (e-KTP) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dirjen Kependudukan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pesan berantai tersebut bukan dari instansinya.

"Berita di medsos bukan dari Dukcapil," kata dia saat dikonfirmasi, Jumat (20/10/2017).

Zudan menjelaskan, pesan berantai tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena setiap perekaman e-KTP baru, tidak dapat langsung dicetak.

"Itu tidak sepenuhnya benar, setiap perekaman baru tidak bisa langsung cetak. Perlu waktu menunggu dan pencetakan saya sarankan tetap ke Dinas Dukcapil," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

1 dari 2 halaman

Hanya Perekaman

Menurut Zudan, stand Dukcapil di TMII adalah pelayanan perekaman data diri warga yang belum memiliki e-KTP. Prosesnya dibantu dengan mengirimkan puluhan staf ke tengah masyarakat.

"Jadi ini kami di TMII melayani penuh senyum dan sabar. Kami siapkan tenda tambahan dan petugas tambahan dari kantor. Ada 50 staf saya kirim lagi dari Pasar Minggu ke sana," Zudan mengakhiri.

Beredar pesan berantai di media sosial. Pesan tersebut berisi imbauan kepada warga yang belum memiliki e-KTP, agar merekam dan mencetak langsung di TMII.

Artikel Selanjutnya
Ganjar Pranowo: Pemeriksaan KPK Cuma Konfirmasi BAP
Artikel Selanjutnya
Pelapor Jonru Ginting Klarifikasi Bukti dari Unggahan Medsos