Sukses

PDIP: Model Kepemimpinan Jokowi Jadi Benteng Tangguh Hadapi Lawan

Hasto mengatakan, rakyat antusias menerima Jokowi-JK meskipun ada kelompok yang mencari-cari isu.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP menilai tiga tahun pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK), membuat rakyat semakin merasakan terobosan kebijakan infrastruktur, yang mampu merombak struktur perekonomian Indonesia menjadi lebih kompetitif.

"Dampaknya tidak hanya koneksitas antar-pulau yang makin kuat dan efisien, biaya logistik juga semakin murah dan distribusi kebutuhan primer semakin lancar, membuahkan inflasi yang terkendali," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Jumat (20/10/2017).

Menurut Hasto, keberhasilan pengendalian harga kebutuhan pokok pada saat Lebaran 2017 menjadi salah satu bukti keberhasilan pemerintahan Jokowi-JK.

Hasto menuturkan, PDIP mengapresiasi model kepemimpinan Jokowi-JK yang merakyat. Pemimpin bergerak ke bawah dan menjadikan dialog dengan rakyat sebagai metode genuine, yang menampilkan watak kepemimpinan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

"Model kepemimpinan Pak Jokowi ini menjadi strong point beliau dan menggambarkan aliansi sempurna dengan rakyat. Model ini sekaligus menjadi benteng yang paling tangguh menghadapi gempuran tokoh lain, hanya karena ambisi politiknya untuk pemilu 2019," kata dia.

Dengan demikian, kata Hasto, rakyat antusias menerima Jokowi-JK, meskipun ada kelompok yang mencari-cari isu. Namun, hal itu wajar, bahkan positif dalam demokrasi.

"Namun sebagai bangsa berkepribadian gotong royong, etika politik yang berkeadaban harus tetap dijunjung tinggi," tegas Hasto.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencapaian Keberhasilan

PDIP juga mencatat keberhasilan Jokowi-JK dalam bidang ketenagakerjaan. Tingkat pengangguran paling rendah selama 18 tahun terakhir 5,3 persen. Kemudian, ketimpangan untuk menopang kehidupan yang lebih berkeadilan dapat ditekan.

"Angka harapan hidup terus meningkat, ditandai dengan jumlah penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang secara massif dibagikan untuk rakyat miskin," kata Hasto.

Hasto juga menyebut, kepemimpinan Pak Jokowi juga membuktikan implementasi efektif pembangunan dari pinggiran. Seluruh wilayah perbatasan kini merasakan pembangunan itu.

Di sisi lain, lanjut Hasto, alokasi dana desa untuk program padat karya dan sektor-sektor produktif kerakyatan, telah meletakkan dasar-dasar bagi kebangkitan perekonomian desa. Bahkan, telah terjadi penurunan tingkat kemiskinan secara merata di seluruh daerah.

Karena hal itu, Hasto menyebut, partainya terus memperkuat dukungan kepada pemerintahan Jokowi-JK. Semua lapisan elite juga diimbau mendukungnya.

"Seluruh kepala daerah, struktural anggota (partai), dan kader partai, dan seluruh anggota legislatif di semua tingkatan, bergerak seirama guna memerkuat pemerintahan Pak Jokowi-JK," imbau dia.

Dukungan tersebut efektif, kata Hasto, mengingat Jokowi dipercaya mampu membumikan Pancasila dan terus berjuang mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkebudayaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.