Sukses

Tanggul di Jatipadang Jebol, Anies Minta Penyedotan Air Dikebut

Liputan6.com, Jakarta - Hujan pada Kamis (19/10/2017) sore membuat sejumlah jalanan Jakarta tergenang air. Bahkan, tanggul di Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, jebol dan airnya merendam rumah warga.

Berdasarkan informasi dari Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, tanggul yang terbuat dari karung berisi pasir di Jatipadang jebol sepanjang 10 meter. Akibatnnya, sebagian wilayah di RT 03 RW 06 tergenang.

Rumah warga mulai tergenang sekitar pukul 17.00 WIB. Sekitar 100 rumah banjir dengan ketinggian air 30 sentimeter hingga 40 sentimeter, dan 20 jiwa mengungsi di Masjid Ar-Ridwan, Jatipadang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung memantau genangan air akibat jebolnya tanggul Jatipadang melalui Jakarta Smart City. Anies meminta BPBD untuk mengutamakan keselamatan warga, terutama anak-anak dan orang tua.

"Ada 15 sampai 20 individu yang saat ini mengungsi di sebuah masjid terdekat. Kemudian Tim Damkar sudah di sana membantu percepatan penyedotan air dan supply logistic," kata Anies di Balai Kota Jakarta.

Anies mengaku ingin bertindak cepat. Karea baginya, keselamatan warga, anak-anak, dan orang tua itu nomor satu.

"Percepat untuk perbaikan ketika ada masalah," tegas Anies.

Selain itu, Anies juga meminta dinas terkait agar perbaikan tanggul Jatipadang yang jebol dipercepat. "Penyedotan air segera dan lalu untuk rehabilitasi perbaikan tanggulnya akan segera dilakukan," Anies Baswedan memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini: